Peringati Hari Pendidikan Nasional, Pemkab Jember Siap Wujudkan Semarak Merdeka Belajar

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

2 Mei 2023 11:26 2 Mei 2023 11:26

Thumbnail Peringati Hari Pendidikan Nasional, Pemkab Jember Siap Wujudkan Semarak Merdeka Belajar Watermark Ketik
Pengibaran Bendera Merah Putih saat Upacara Bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Memperingati Hari Pendidikan Naisonal pada Selasa (2/5/2023), Pemerintah Kabupaten Jember bersama Dinas Pendidikan Jember mengadakan kegiatan bertajuk ‘Merdeka Bersama Semarakkan Merdeka Belajar’.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan meliputi Upacara Bendera, Pameran Pendidikan ‘J-Education Expo 2023’, Pagelaran Wayang Kulit, Pentas Seni Siswa, Parade Drumband, dan Senam Massal yang digelar hingga Sabtu (6/5/2023) mendatang.

Kegiatan pada Selasa (2/5/2023) dimulai dengan pertunjukan seni musik dan seni tari dari siswa-siswi SMP yang ada di Kabupaten Jember.

Upacara Bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional ini dihadiri Bupati Jember, Wakil Bupati Jember, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, bersama jajaran Forkopimda.

Tak hanya memperingati Hari Pendidikan Nasional, upacara bendera Selasa (2/5/2023) ini juga untuk memperingati Hari Otonomi Daerah. “Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional dan juga Hari Otonomi Daerah yang ke-27,” ujar Bupati Jember Hendy Siswanto.

Dalam kesempatan ini Bupati Hendy menyampaikan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim untuk mewujudkan semarak merdeka belajar yang menjadi program prioritas.

“Pendidikan yang menuntun bakat minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan sebagai seorang manusia,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Usai Upacara Bendera, Bupati Hendy meresmikan J-Education Expo 2023 dan berkeliling meninjau hasil karya dan inovasi dari siswa-siswi SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK yang ada di Jember.

Juga mengapresiasi produk-produk inovasi yang dihasilkan siswa-siswi yang terlibat dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

“Hebatnya lagi yang mereka buat adalah tetap berbasis teknologi namun raw (bahan baku) materialnya dasarnya dari alam, pertama dari matahari dan material-material bekas,” tuturnya.

Tentunya semua kegiatan dari inovasi para siswa-siswi di Jember tak lepas dari pemberian wadah untuk menyalurkan kreativitas. “Tentunya ini adalah semangat kita semua di mana pesan tadi dari Bapak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengenai merdeka belajar harus diwujudkan,” imbuhnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Pendidikan Nasional Jember Kemendikbudristek Bupati Jember Hendy Siswanto Dinas Pendidikan Jember J-Education Expo 2023