Peringati Kesaktian Pancasila dan Tolak Lupa G30S/PKI, HMI FIS UINSU Gelar Mimbar Bebas

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Mustopa

3 Oktober 2024 15:05 3 Okt 2024 15:05

Thumbnail Peringati Kesaktian Pancasila dan Tolak Lupa G30S/PKI, HMI FIS UINSU Gelar Mimbar Bebas Watermark Ketik
Mimbar Bebas untuk Kesaktian Pancasila dan tolak lupa G30S/PKI (Foto:

KETIK, MEDAN – HMI Komisariat Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara kembali menggelar acara Mimbar Bebas dalam rangka memperingati Kesaktian Pancasila dan menolak lupa tragedi G30S/PKI, Rabu, 2 Oktober 2024.

Kegiatan yang berlangsung pukul 20.00 WIB ini diisi dengan berbagai orasi, puisi, dan lagu-lagu perjuangan yang membangkitkan semangat nasionalisme. 

Dipimpin oleh Ketua Umum HMI FIS UINSU, Julpahri Tanjung, acara ini bertujuan untuk mengingatkan kembali pentingnya Pancasila sebagai dasar negara serta bahaya melupakan sejarah kelam bangsa.

Dalam sambutannya, Julpahri menyampaikan kegelisahannya atas minimnya acara serupa di kalangan mahasiswa.

“Sudah minim sekali kegiatan seperti ini, melihat kondisi mahasiswa yang lebih menikmati hedonisme. Kegiatan ini merupakan awal untuk memantik kawan-kawan untuk selalu memperjuangkan semangat para pahlawan yang telah mendahului," ujar Julpahri.

Acara ini menjadi momen reflektif bagi aktivis HMI untuk menanamkan kembali nilai-nilai perjuangan, sekaligus menjadi pengingat bahwa Pancasila adalah simbol kesatuan bangsa yang harus terus dijaga.

Dengan diiringi lantunan lagu-lagu perjuangan, anggota HMI FIS UINSU secara bergantian menyampaikan orasi yang menekankan pentingnya generasi muda menjaga dan mengamalkan Pancasila serta tidak melupakan sejarah kelam G30S/PKI.

Mimbar Bebas ini diharapkan menjadi titik awal kebangkitan kesadaran kolektif mahasiswa dalam menghadapi tantangan bangsa di masa mendatang.

*Tulisan ini karya Mickael Halomoan Harahap, Mahasiswa UIN Sumatera Utara

Tombol Google News

Tags:

Hari Kesaktian Pancasila G30S/PKI UIN Sumatera Utara Mimbar Bebas