Permudah Transaksi Jual Beli, Pasar Induk Among Tani Kota Batu Dilengkapi Internet Gratis

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

27 November 2023 12:55 27 Nov 2023 12:55

Thumbnail Permudah Transaksi Jual Beli, Pasar Induk Among Tani Kota Batu Dilengkapi Internet Gratis Watermark Ketik
Kepala Diskominfo Kota Batu, Onny Adriyanto. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pasar Induk Among Tani Kota akan dilengkapi dengan internet gratis. Fasilitas internet gratis tersebut agar digunakan oleh pedagang maupun pembeli untuk bertransaksi keuangan. 

Pemkot Batu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) telah menganggarkan fasilitas internet Pasar Induk Among Tani sebesar Rp 300 juta untuk tahun 2024. 

"Sementara ini pedagang memanfaatkan fasilitas internet CSR Bank Jatim. Makanya, tahun 2024 kita anggarkan sekitar Rp 300 juta untuk fasilitas internet di Pasar Induk," kata Kepala Diskominfo Kota Batu, Onny Adriyanto, Senin (27/11/2023).

Onny menambahkan, karena saat ini masih menggunakan fasilitas internet dari bank Jatim. Maka tahun depan pengelolaan fasilitas internet tersebut akan dialihkan ke Pemkot Batu. Hal itu supaya pedagang semakin lancar dalam bertransaksi online.

"Saat ini masih ditangani oleh Bank Jatim. CSR itu mulai dari kabel jaringan, hardware, router. Pokok, semua pengelolaan manajemen murni Bank Jatim," urainya.

Onny menegaskan, selain untuk transaksi digital, fasilitas internet juga digunakan oleh pedagang untuk mempromosikan dagangan secara online. Kebutuhan internet, menurutnya, sejak fasilitas itu ada dimanfaatkan oleh pedagang untuk transaksi digital.

Bahkan, terlihat dari sistem perdagangannya juga ada yang melalui marketplace. "Yang pasti saat ini masih kerjasama dengan Bank Jatim. Dan, tahun depan akan dialihkan dibawah pengelolaan Pemkot," jelasnya. (*)

 

 

 

 

 

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Pasar Induk Among Tani internet