Pesona Wastra Kota Batu, Upaya Pemkot Promosikan Batik

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

25 Oktober 2023 11:31 25 Okt 2023 11:31

Thumbnail Pesona Wastra Kota Batu, Upaya Pemkot Promosikan Batik Watermark Ketik
Salah satu peserta Fashion for Anniversary, Pesona Wastra Kota Batu di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani, Kota Batu, Rabu (25/10/2023). (Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Pemkot Batu menggelar Fashion for Anniversary, Pesona Wastra Kota Batu di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani, Kota Batu, Rabu (25/10/2023). Acara fashion show dalam rangka HUT ke-22 Kota Batu tersebut bertujuan untuk mempromosikan batik Kota Batu.

Kegiatan yang digelar bersama lembaga dan UMKM itu menghadirkan sejumlah dewan juri. Di antaranya Adi Sardis, desainer asli Kota Batu, Putri, model Kota Batu, dan Riska Hayuni, akademisi dari SMK Kota Batu. Ada juga Iwan dari Batik Olive, Adi dari Unit Eka Mandiri, dan Ermawati dari Batik Kota Batu.

“Dengan menggabungkan unsur-unsur modern dan tradisional, Kota Batu mampu menciptakan karya-karya wastra yang memikat,” ujar Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sugeng Pramono saat membuka Fashion for Anniversary, Pesona Wastra Kota Batu.

Sugeng menjelaskan, Pemkot Batu telah bekerja sama dengan UMKM untuk mempromosikan Batik khas Kota Batu. Pemkot Batu juga telah mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memakai batik khas Kota Batu selama sebulan penuh sejak 2 Oktober 2023.

"Untuk mendukung kemajuan industri batik khas Kota Batu, kita mewajibkan ASN memakai batik pada bulan Hari Jadi Kota Batu," urainya.

Pemkot Batu juga telah menggelar pameran UMKM Batik di Balai Kota Among Tani pada awal bulan lalu untuk mendukung gerakan sebulan berbaju batik.

Sugeng berharap, kegiatan fashion show bisa rutin digelar, agar pegiat wastra di Kota Batu tetap semangat dan terus berkarya.

"Serta, kami harapkan pengerajin batik Kota Batu dapat memperluas pangsa pasarnya, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Fashion for Anniversary Pesona Wastra Kota Batu