Petugas KPPS di Kota Batu Dituntut Paham Android

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

22 Desember 2023 12:00 22 Des 2023 12:00

Thumbnail Petugas KPPS di Kota Batu Dituntut Paham Android Watermark Ketik
Kantor KPU Kota Batu di Jalan Sultan Agung Kota Batu (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Marlina mengatakan 2 dari 7 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) harus memahami penggunaan teknologi HP android.

Itu karena dalam pemungutan suara pada pemilu 2024 nanti, mereka dituntut untuk merekapitulasi hasil pemungutan suara melalui Sistem Informasi Rekapitulasi atau Sirekap yang berbasis android.

"Dari 7 orang KPPS itu ada 2 orang yang bisa menggunakan HP Android. Jadi Mereka harus juga memiliki android. karen aplikasi Sirekap hanya didukung android," ujarnya, Jum'at (22/12/2023).

Menurut Marlina, anggota KPPS yang bersangkutan minimal telah menggunakan android selama 5 tahun. Sedangkan, aplikasi sirekap berbasis website akan digunakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dengan menggunakan Komputer ataupun laptop.

"Kami juga melakukan rekrutmen KPPS dengan ketentuan dari usia 17-55 tahun. Alhamdulillah, kuota perekrutan KPPS telah terpenuhi," tambahnya.

Untuk informasi, KPU Kota Batu merekrut 4.277 KPPS yang akan ditempatkan di 611 TPS dengan masing-masing TPS diisi 7 orang KPPS dan 1 Linmas.

Sejumlah persyaratan penting yang harus dipenuhi pendaftar KPPS antara lain berusia minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun. Berpendidikan minimal SMA/sederajat dan bukan anggota parpol minimal selama 5 tahun.

Selain itu, calon pendaftar diwajibkan melampirkan surat keterangan sehat terkait tensi darah, kolestrol dan gula darah kondisi.

"Besaran gajinya, untuk Ketua KPPS senilai Rp 1,2 juta, anggota KPPS senilai Rp 1,1 juta dan Linmas sebesar Rp 700 ribu. Pada Pemilu 2019, gaji mereka berkisar di angka Rp 500 ribu. Berarti naik seratus persen," jelas Marlina. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu KPU Kota Batu KPPS pemilu 2024