PJ Wali Kota Batu Sebut Lansia SMART Tetap produktif dan Berkarya

Jurnalis: Sholeh
Editor: Marno

19 September 2023 12:34 19 Sep 2023 12:34

Thumbnail PJ Wali Kota Batu Sebut Lansia SMART Tetap produktif dan  Berkarya Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu saat meninjau batik sibori dalam peluncuran Lansia Smart Kecamatan Junrejo. Selasa (19/9/2023). (Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengatakan bahwa pemerintah melalui Bina Keluarga Lansia (BKL), berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup lansia. Yakni melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan sehingga tetap produktif menghasilkan karya.

Menurut Aries hal tersebut yang menjadi salah satu tujuan peluncuran Lansia Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif, dan Bermartabat SMART di salah satu Pusat Oleh-oleh di Kecamatan Junrejo Kota Batu, Selasa (19/9/2023).

"Ini merupakan kolaborasi yang baik dan produktif, sehingga lansia tidak hanya menunggu bantuan tetapi tetap produktif dengan menghasilkan karya. Lansia jika kita sentuh pasti akan tumbuh semangat untuk produktif," jelas Aries.

Melalui Lansia SMART di Kecamatan Junrejo, jelas Aries, adalah inovasi camat Junrejo sebagai Pejabat Administrator. Ia berharap, lansia yang memiliki tubuh dan sehat, akan turut serta menghasilkan karya yang produktif dalam hidupnya, dan tidak hanya menunggu bantuan.

"Saya berharap produk yang dihasilkan BKL harus bisa diproduksi dan dipasarkan, sehingga akan menimbulkan semangat untuk lebih produktif," jelasnya.

Aries juga berharap, inovasi Lansia Smart tidak hanya dilaksanakan di Kecamatan Junrejo saja, tetapi juga di kecamatan-kecamatan lain di Kota Batu. Ia menambahkan, kolaborasi dengan dinas terkait akan dilakukan untuk meningkatkan hasil produk yang lebih berkualitas dan bernilai tinggi.

"Produk yang dihasilkan sangat bagus, terutama saya mendengar dari Bu Camat kalau produk sudah ada yang dijual melalui toko daring. Selanjutnya saya berharap ini juga dilakukan di kecamatan-kecamatan lain," jelas Aries.

Camat Junrejo Dian Saraswati menambahkan, pihaknya membuat gagasan untuk membantu para lansia yang secara ekonomi masih kurang pendapatan, untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya melalui kegiatan 'Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Ekonomi Kreatif Menuju Lansia SMART Kecamatan Junrejo.

"Bahwa di Kecamatan Junrejo masih ditemukan lansia-lansia yang kurang beruntung dalam ekonomi. Meskipun saat ini dari Pemkot Batu juga  memberikan BLT berupa uang tunai dan program UHC untuk kesehatan masyarakat," urainya.

Menurut Dian, dengan pemberdayaan melalui Ekonomi Kreatif (Ekraf) menuju lansia SMART, harapannya dapat meningkatkan kualitas hidup, kondisi fisik psikologis. Serta membantu lansia percaya diri, mandiri dan produktif. 

"Kami yakin dengan semangat yang tulus ini, kami dapat menciptakan produk-produk bernilai ekonomi di pasaran dan juga mendorong semangat positif di kalangan lansia," jelasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu