Pj Wali Kota Malang: Proyek BTS Dapat Subsidi dari Pemerintah Pusat

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

27 Juni 2024 12:01 27 Jun 2024 12:01

Thumbnail Pj Wali Kota Malang: Proyek BTS Dapat Subsidi dari Pemerintah Pusat Watermark Ketik
Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Proyek By The Service (BTS) untuk penyempurnaan transportasi publik di Kota Malang berhasil mendapat dukungan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Pemerintah Pusat akan membantu studi kelayakan dan subsidi kepada Pemerintah Kota Malang.

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menjelaskan, BTS merupakan program milik pemerintah pusat untuk mengembalikan minat masyarakat terhadap transportasi publik. Direktur Angkutan Darat Kemenhub RI juga akan datang untuk memastikan kesiapan Kota Malang terhadap proyek BTS itu.

"Dengan BTS ini pemerintah pusat setuju dan akan membantu dengan studi kelayakan dan subsidinya. Kemarin rencana untuk melihat sejauh mana tingkat kepastian dan keseriusan Pemkot Malanga. Pak Direktur Angkutan Darat akan datang ke Malang untuk mengecek langsung," ujar Wahyu, Kamis (27/6/2024).

Subsidi yang dulunya diberikan kepada Kota Solo dan Palembang akan dialihkan untuk mendukung proyek BTS di Kota Malang. Hal tersebut lantaran kedua daerah tidak lagi mendapatkan subsidi penuh.

"Ada subsidi di Solo dan Palembang itu saat ini sudah berubah, tidak menjadi subsidi sepenuhnya dari Pemerintah Pusat. Lambat laun kan subdisi akan dikurangi, nah itu akan dialihkan ke Kota Malang," katanya.

Namun besaran subsidi yang akan diterima oleh Pemkot Malang masih harus menunggu hasil kajian. "Berapa besarannya itu mereka akan melihat sejauh mana kelayakannya. Dari situ skema pemberian bantuan juga baru akan diberikan karena di tahun 2024 menyusun kajiannya," lanjut Wahyu.

Apabila proyek tersebut telah terwujud, tidak ada penarikan ongkos terhadap penumpang pada awal beroperasi. Melalui BTS pula, transportasi umum akan semakin nyaman sebab dilengkapi dengan AC, perjalanan tepat waktu dan tidak perlu menunggu angkutan penuh.

"Kemudian pelayanan dari driver ramah, ada wifinya, apabila ngebut oleh operator pasti langsung ditegur. Kita masih menyusun rute-rute dan sudah melihat rute yang diminati orang-orang yang selalu mengandalkan pergerakan. Itu menuju ke mal, pasar, kantor atau ke pendidikan," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

BTS Transportasi Umum BTS By The Service Kota Malang Transportasi Umum Kota Malang pj wali kota malang