Program UHC Tercapai, Pemkab Sidoarjo Cover Biaya Berobat 155.843 Warga dengan KIS PBID

Editor: Fathur Roziq

6 Agustus 2024 23:17 6 Agt 2024 23:17

Thumbnail Program UHC Tercapai, Pemkab Sidoarjo Cover Biaya Berobat 155.843 Warga dengan KIS PBID Watermark Ketik
Plt Bupati Sidoarjo H Subandi SH MKn memberi perhatian kepada warganya dalam pelayanan kesehatan. (Foto: Kominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Perhatian Pemkab Sidoarjo kepada masyarakat semakin intens dalam pelayanan kesehatan. Program Universal Health Coverage (UHC) terbukti berhasil memberikan akses kesehatan yang merata dan berkualitas bagi seluruh warga Sidoarjo.

”Kami bersyukur dan bangga atas capaian Universal Health Coverage (UHC) di Sidoarjo. Dengan adanya program UHC, akses kesehatan masyarakat lebih merata,” ungkap Plt Bupati Sidoarjo H Subandi setelah menyerahkan bantuan kursi roda di Kecamatan Sedati dan Gedangan pada Senin (5/8).

Saat ini jumlah penduduk Sidoarjo mencapai 1.996.825 jiwa. Dari jumlah tersebut, tercatat 1.498.899 jiwa atau sekitar 75,06 persen telah menjadi peserta BPJS aktif. Termasuk kepesertaan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran Daerah (PBID). Jumlah yang sudah terkover KIS PBID mencapai 155.843 jiwa per Juli 2024.

”Fasilitas kesehatan di Sidoarjo sudah baik. Jaminan kesehatan bagi warga yang tidak mampu telah diberikan. Karena itu, kami berharap masyarakat dapat dilayani dengan sepenuh hati. Jangan ada penolakan saat berobat,” tegas Subandi.

Subandi menjelaskan, untuk aktivasi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Peserta (BP), cukup dilakukan fotokopi KTP saja atau kartu keluarga (KK), surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari desa. Mekanismenya bisa melalui aplikasi SiPraja. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Sidoarjo Plt Bupati Sidoarjo H Subandi H Subandi Program UHC Universal Health Coverage Sidoarjo