Puluhan Rumah di Kabupaten Malang Rusak Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

30 November 2023 14:55 30 Nov 2023 14:55

Thumbnail Puluhan Rumah di Kabupaten Malang Rusak Akibat Hujan Disertai Angin Kencang Watermark Ketik
Salah satu sekolah di Kabupaten Malang yang rusak akibat hujan disertai angin kencang. (Foto: Pusdalops BPBD Kabupaten Malang).

KETIK, MALANG – Setidaknya 75 rumah di Kabupaten Malang mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang, Kamis, (30/11/2023). Selain itu, tiga fasilitas umum atau fasum juga mengalami kerusakan, satu tempat usaha dan tiang milik PLN juga roboh.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengatakan, hujan disertai angin kencang menerjang tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Singosari, Kecamatan Jabung dan Kecamatan Karangploso yang semuanya berada di wilayah Kabupaten Malang bagian utara atau Malang Utara.

"Mayoritas mengalami rusak ringan, seperti genting atau atap rumah berterbangan," ujar Sadono Irawan.

Selain itu, juga terdapat beberapa rumah mengalami rusak sedang. "Dilaporkan pula terdapat beberapa fasum mengalami kerusakan. Atap Puskesmas Jabung ambrol. Kemudian sekolah juga mengalami kerusakan," ucapnya.

Menurutnya, saat ini sudah dilakukan penanganan dan asesmen. "Yang dibutuhkan diantaranya sembako, terpal dan material untuk atap rumah atau genting," ungkapnya.

Kemudian kebutuhan mendesak lainnya, kata dia, peralatan dapur, peralatan tidur, serta kebutuhan untuk bayi. Kerugian sementara ditaksir sebesar Rp 150 juta.

"Kami bersama TNI, Polri, Poslap, PMI, Tagana, warga dan desa sudah melakukan penanganan pasca terjadinya bencana hujan deras disertai angin kencang tersebut," tuturnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bencana Kabupaten Malang hujan lebat disertai angin kencang