PWI Kab Bandung Gelar Dialog Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Jurnalis: Akhmad Sugriwa
Editor: Rudi

1 Maret 2023 04:03 1 Mar 2023 04:03

Thumbnail PWI Kab Bandung Gelar Dialog Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Watermark Ketik
Kadispora Kab Bandung Kawaludin (kanan) dan Ketua Askab PSSI Kab Bandung Rudie Kusmayadi saat jadi narasumber Dialog Piala Dunia U-20 PWI Kab Bandung. (Iwa/Ketik.co.id

KETIK, BANDUNG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung menggelar Dialog Piala Dunia U-20, di Sekretariat PWI Kabupaten Bandung, Soreang Kabupaten Bandung, Selasa (28/2/2023).

Ketua Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2023 PWI Kabupaten Bandung Dadang Darmawan menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara  HPN 2023 PWI Kabupaten Bandung. 

Ketua PWI Kabulaten Bandung Rahmat Sudarmaji menyampaikan, tujuan Dialog Piala Dunia U-20 ini untuk turut mensosialisasikan Kabupaten Bandung ini menjadi salah satu tuan rumah di mana Stadion Si Jalak Harupat menjadi salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Dalam hal sosialisasi, kata Rahmat, PWI punya kekuatan mumpuni di mana ada 50 media  cetak dan online yang wartawannya menjadi anggota PWI Kabupaten Bandung. 

"Kita ingin mendorong dan mensosialisasikan. Yang kita angkat Piala Dunia-nya. Mampu tidak Piala Dunia ini mendongkrak UMKM Kabupaten Bandung, sehingga kita memberi masukan ke Pemda Kabupaten Bandung," jelasnya.

Dialog Piala Dunia U-20 ini menghadirkan narasumber Kadispora Kabupaten Bandung Kawaludin, Kadishub Kabupaten Bandung Imam Irianto, Ketua Askab PSSI Kabupaten Bandung Rudie Kusmayadi, Kadis Parbud yang diwakili Kabid Ekraf Vena Indriawan, Kadiskop Kabupaten Bandung yang diwakili Kabid Pemberdayaan Pengembangan Usaha Mikro M Dadan, Camat Soreang yang diwakili Sekcam Mamet Slamet, Wartawan RRI Didi Mainaki, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bandung Maulana Fahmi. 

Sebagai nara sumber utama, Kadispora Kawaludin menyampaikan perhelatan Piala Dunia U-20 ini merupakan sejarah bagi Kabupaten Bandung.

Foto Narasumber Dialog Piala Dunia U-20 PWI Kab Bandung. (Iwa/Ketik.co.id)Narasumber Dialog Piala Dunia U-20 PWI Kab Bandung. (Iwa/Ketik.co.id)

Kawaludin menyebut ada 24 negara atau tim yang menjadi peserta Piala Dunia U-20. Pada 31 Maret 2023, ke-24 tim yang menjadi peserta diundi untuk jadwal dan tempat. "Ada enam tempat atau venue yang jadi tempat bertanding, salah satunya Stadion Si Jalak Harupat," sebutnya.

Kawaludin menyampaikan, pada 1 April 2023 launching tiket, 2-7 April 2023 pemajangan piala untuk mensosialisasikan,  20 Mei 2023 upacara pembukaan di GBK dan ditutup 11 Juni di  Stadion Manahan Solo. 

Namun, kata Kawaludin sampai sekarang negara peserta Piala U-20 belum lengkap, baru 11 negara yang lolos , salah satunya Indonesai karena sebagai tuan rumah.

Pada kesempatan dialog, Kawaludin mengajak semua pihak untuk menyukseskan Piala Dunia U-20.
"Kesiapan menjadi tugas bersama, bukan hanya tugas bupati atau Pemkab Bandung.  Semua sedang berjibaku untuk menjadi venue terbaik," kata dia.

Kawaludin menyampaikan kesiapan di Stadion  Si Jalak Harupat, di antaranya yang tadinya tidak ada drinase sekarang ada, sehingga  jika ada hujan besar terserap, serta kualitas rumput berkuakitas sesuai  rekomdasi FIFA. Sistem proteksi kebakaran selama ini kurang diperhatikan, sekarang sudah memiliki standar teknis FIFA. "Semua rencana sudah dalam on progress dan on the track," ujarnya. 

Sebelumnya, acara HPN 2023 PWI Kabupaten Bandung menggelar Tasyakur Bini'mah pada 9 Februari 2023 bertema Membentuk Wartawan yang Humanis dan Agamis. Dilanjutkan sore harinya Potong Tumpeng di Rumah Dinas Bupati Bandung. 

Kemudian, lanjut Dadang acara HPN 2023 PWI juga menggelar Senam Bedas di Pangalengan. Setelah acara Dialog Piala Dunia U-20 akan digelar Pelatihan Kehumasan di OPD pada pertengahan Maret 2023, serta Kemah Kurnalistik di akhir Maret.(*)

Tombol Google News

Tags:

Piala Dunia U-20 Piala dunia PWI pwi kab bandung hpn 2023