Aklamasi, Ayi Purnama Terpilih Lagi Ketua Koperasi Sabilulungan Bale Bandung-PWI

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

31 Juli 2024 09:53 31 Jul 2024 09:53

Thumbnail Aklamasi, Ayi Purnama Terpilih Lagi Ketua Koperasi Sabilulungan Bale Bandung-PWI Watermark Ketik
Koperasi Sabilulungan Bale Bandung-PWI Kab Bandung menggelar RAT di Soreang, Rabu (31/7/24).(Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Koperasi Sabilulungan Bale Bandung-PWI Kabupaten Bandung menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Soreang, Rabu (31/7/2024). Dalam RAT, H Ayi Purnama terpilih secara aklamasi menjabat kembali ketua koperasi untuk masa bakti 2024-2029.

Dalam penjaringan pemilihan ketua sebelumnya muncul dua nama bakal calon, selain Ayi Purnama, bakal calon lainnya yakni Yully Yulianty. Namun Yuli dalam penjaringan bakal calon tersebut hanya mendapat empat orang dukungan anggota.

Sesuai kesepakatan dalam tata tertib penjaringan bakal calon sebagaimana dibacakan Ketua Panitia Dadang Darmawan, seorang bakal calon yang diajukan sekurang-kurangnya didukung lima orang anggota.

Karena tidak ada calon lain, para anggota yang jumlahnya mencapai lebih dari 20 orang itu akhirnya secara aklamasi, memilih Ayi Purnama sebagai Ketua Koperasi Sabilulungan Bale Bandung.

Koperasi Sabilulungan Bale Bandung menggelar rapat anggota tahunan (RAT) yang pertama sejak berdirinya tahun 2019. Agenda RAT di antaranya laporan pertanggungjawaban masa berakhirnya kepengurusan periode 2019-2024 dan pemilihan ketua atau pengurus baru untuk periode selanjutnya.

Ketua Koperasi PWI Kabupaten Bandung Ayi Purnama mengakui, sejak koperasi ini berdiri tahun 2019, baru kali ini dilaksanakan RAT. Ayi menyatakan RAT berjalan lancar berkat dukungan semua anggota, pengurus dan pengawas dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung.

"Insya Allah untuk kepengurusan koperasi periode 2024-2029 kita tetap solid dan siap melakukan pembenahan terhadap apa yang masih dinilai kurang," kata Ayi setelah terpilih.

Pihaknya akan memprioritaskan program untuk kesejahteraan anggota. Seperti bantuan akses permodalan usaha dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan usaha anggota koperasi maupun anggota PWI.

"Saya ingin anggota koperasi maupun anggota PWI Kabupaten Bandung juga mempunyai usaha di samping menjalankan tugasnya sehari-hari sebagai wartawan," imbuh Ati.

Ayi mengatakan, berdirinya koperasi ini rasa kepedulian kepengurusan PWI Kabupaten Bandung pada masa kepemimpinan H. Rahmat Sudarmaji.

“Dibentuknya koperasi ini bertujuan untuk membantu kesejahteraan anggota. Atas dasar itu, Pak H. Rahmat berinisiatif membentuk koperasi dan ada usaha lain,” kata Ayi.

Ketua Pengawas Koperasi Sabilulungan Bale Bandung H. Rahmat Sudarmaji mengatakan, pembentukan koperasi ini berawal dari kegelisahan anggota PWI Kabupaten Bandung. “Sehingga kita berinisiatif menggagas pembentukan koperasi,” kata mantan Ketua PWI Kabupaten Bandung ini.

Ia berharap koperasi ini harus terus berlanjut, siapapun yang jadi pengurusnya. “Saya menitipkan koperasi ini lebih berkembang, lebih maju, lebih progresif lagi dalam artian harus mampu menggali berbagai potensi usaha, sehingga dapat mensejahterakan anggotanya,” pesan Rahmat.

Sementara itu, perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bandung Fajar Perkasa turut memberikan apresiasi dilaksanakannya RAT Koperasi Sabilulungan Bale Bandung ini.

“Pelaksanaan rapat anggota tahunan ini, kewajiban pengurus koperasi dan pengawas untuk pertangungjawaban kepada anggotanya,” kata Fajar. Pihaknya berharap pengelolaan koperasi ini lebih maju, lebih akuntabel dan lebih transparan.

“Rapat anggota tahunan ini, merupakan forum tertinggi. Perangkat koperasi harus didukung manajemen yang benar maupun bentuk usahanya. Untuk mencapai tujuan pembentukan koperasi tersebut,” tuturnya.

Fajar menilai potensi koperasi ini sangat baik karena para anggotanya terdiri dari para wartawan. Ia berpesan adanya partisipasi anggota akan menjadikan koperasi lebih baik dan mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

“Koperasi dari kita, oleh kita, untuk kita. Koperasi wajib ada simpanan wajib, yang akan menjadi modal utama. Saham koperasi itu berasal dari simpanan pokok dan simpanan wajib. Simpanan sukarela bisa jadi tabungan. Koperasi usaha bersama,” tuturnya.

Anggota Koperasi Sabilulungan Bale Bandung, H Sarnapi mengucap syukur dan merasa bangga atas terselenggaranya RAT yang baru pertama kali diadakan dalam lima tahun terakhir ini.

"Kami berharap koperasi ini lebih maju dan bisa meningkatkan kesejahteraan anggotanya para wartawan PWI Kabupaten Bandung. Sebuah koperasi bisa maju jika didukung oleh para anggotanya," kata Sarnapi.(*)

Tombol Google News

Tags:

koperasi PWI rat koperasi pwi kab bandung