Resmi Dibuka, Pesta UMKM 2023 di Malang Diikuti Ratusan UMKM

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

28 Agustus 2023 16:25 28 Agt 2023 16:25

Thumbnail Resmi Dibuka, Pesta UMKM 2023 di Malang Diikuti Ratusan UMKM Watermark Ketik
KH Noor Shodig Askandar dan Wakil Ketua dan anggota Komisi KPEU MUI Jatim menyampaikan sambutan di Pesta UMKM Halal Expo 2023 di Malang, Senin malam (28/9/2023). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pesta UMKM Halal Expo 2023 di Malang yang diselenggarakan Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) MUI Jatim resmi dibuka, Senin (28/9/2023) malam.

Pesta UMKM Halal Expo KPEU MUI Jatim 2023 digelar untuk mempromosikan keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta mendorong gairah perekonomian nasional.

KH Noor Shodig Askandar, Ketua KPEU MUI Jatim mengatakan, kegiatan bazar tersebut dinamakan Pesta UMKM, karena setelah pandemi, UMKM adalah the invisible hand yang mampu menyelamatkan ekonomi Indonesia.

"Insyaallah tanpa UMKM kita akan berat menjalani kehidupan ekonomi. UMKM Kita sebut sebagai pahlawan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu malam ini kita adakan kegiatan Pesta UMKM ini," urainya dalam sambutan pembukaan Pesta UMKM di Lapangan Parkir NK Kafe Malang.

KH Noor Shodig menjelaskan, karena UMKM manjadi bagian ekonomi yang tidak terpisahkan dan berperan kuat, maka Pesta UMKM 2023 adalah bagian dari penghargaan MUI Jawa Timur terhadap pelaku UMKM. 

"Dan hari ini panjenengan silahkan berpesta sampai tanggal 30 Agustus 2023. Kita mengadakan pesta bukan berarti ada macam macam. Tetapi pesta ini bagian dari kegembiraan kita dan rasa syukur kita," terangnya.

Bazar yang berlangsung selama 3 hari tersebut diikuti seluruh UMKM dari Jawa Timur. Sebanyak seratus UMKM telah mengisi tenant yang disediakan oleh panitia. KH Noor Shodig menegaskan, semua UMKM yang berpartisipasi dalam Pesta UMKM tidak dipungut biaya alias gratis.

"Dan kepada UMKM semua kita gratiskan, tidak ada yang dipungut biaya. Jadi ada seratus UMKM di Jawa Timur baik dari IKM, dari Kadin, binaan Dinkop, dari Komunitas tangan diatas, dan diikuti dari OVOP dan juga NK Kafe," ulasnya.

Untuk informasi, nampak hadir dalam pembukaan pesta UMKM tersebut, Wakil Ketua MUI Jatim, KH Halim Subahar, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim Andromeda Qomariyah, Bupati Malang Sanusi dan Wali Kota Malang Sutiaji, Rektor Universitas Malang Maskuri dan Rektor Universitas Nurul Jadid Probolinggo sekaligus Wakil Ketua Komisi KPEU MUI Jatim KH Abdul Hamid Wahid.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pesta UMKM Halal Expo 2023 KPEU MUI Jatim