Safari Ramadan, Gelar Pasar Murah di 21 Kecamatan

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

30 Maret 2023 09:13 30 Mar 2023 09:13

Thumbnail Safari Ramadan, Gelar Pasar Murah di 21 Kecamatan Watermark Ketik
Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Jember saat meninjau stan para pelaku usaha di Pasar Murah Kecamatan Kaliwates (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Untuk pemerataan distribusi dan harga sembako, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mengadakan Pasar Murah di 21 kecamatan yang dibuka sejak 27 Maret 2023 lalu.

Kegiatan Pasar Murah berlangsung selama hampir sebulan penuh pada hari Senin-Kamis di kecamatan setempat hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H. 

 Kamis (30/3/2023), Pasar Murah digelar di Kecamatan Kaliwates yang diadakan di halaman Kantor Kelurahan Tegal Besar mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Pemilihan lokasi ini dinilai strategis dan dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi.

Kegiatan Pasar Murah kali ini dihadiri oleh Camat Kaliwates, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Jember, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, seluruh Lurah di Kecamatan Kaliwates, pelaku usaha, UMKM binaan, distributor, pengurus TP PKK di Kecamatan dan Kelurahan, serta warga Kecamatan Kaliwates dan masyarakat umum.

Foto Distributor yang menjual produknya di Pasar Murah Kecamatan Kaliwates (Foto: Achmad Fauzi/Ketik.co.id)Distributor yang menjual produknya di Pasar Murah Kecamatan Kaliwates (Foto: Achmad Fauzi/Ketik.co.id)

Berbagai macam produk yang ditawarkan di Pasar Murah ini mulai dari sembako, makanan dan minuman, produk-produk inovasi, hingga seni kerajinan tangan. Dalam kesempatan ini, Ketua TP PKK Jember Kasih Fajarini dan Wakil Ketua meninjau produk-produk yang dijual di Pasar Murah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jember Bambang Saputro mengatakan jika Pasar Murah ini merupakan bentuk upaya membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya.

Bambang Saputro juga mengatakan jika harga barang-barang yang dijual di Pasar Murah ini dipastikan lebih terjangkau. “Tentunya para pelaku usaha yang menjual di Pasar Murah ini menjual dengan harga di bawah pasar,” ujarnya saat ditemui Ketik.co.id.

Adapun kegiatan Pasar Murah dilaksanakan bersamaan dengan program Jember Berbagi (J-Berbagi), yaitu digelar di halaman masjid kecamatan setempat. Disperindag Jember bekerja sama dengan Bulog dan PT. Rajawali Nusindo untuk mengerahkan persediaan sembako di dua titik tiap kecamatan yang didatangi oleh Bupati Jember. 

“Selama satu bulan penuh, Bapak Bupati keliling dari kecamatan satu ke kecamatan yang lainnya untuk menyelenggarakan kegiatan Jember Berbagi. Satu harinya 2 titik, titik pertama di halaman masjid yang ditempati Bapak Bupati salat duhur, titik kedua di halaman masjid yang ditempati salat Ashar,” terang Bambang.

Sementara itu, salah satu pembeli mengatakan jika merasa terbantu dengan diadakannya Pasar Murah. “Biasanya kalau Ramadan itu harga kebutuhan pada naik, jadi ini cukup efektif karena harganya lebih murah,” ucap Dina, salah satu pembeli di Pasar Murah Kecamatan Kaliwates.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pasar Murah Ramadan Pemkab Jember Disperindag Jember Kecamatan Kaliwates