Sambut Ramadan, 100 Imam Masjid dan Musala di Kabupaten Malang Dapat Pembekalan

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

7 Maret 2024 09:39 7 Mar 2024 09:39

Thumbnail Sambut Ramadan, 100 Imam Masjid dan Musala di Kabupaten Malang Dapat Pembekalan Watermark Ketik
100 Imam Masjid dan Musala di Kepanjen, Kabupaten Malang dapat Pembekalan dari Takmir Masjid Jamik Baiturrahim Curungrejo. (Foto : M Iksan for ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Sebanyak 100 imam masjid dan musala di Kabupaten Malang mendapat pembinaan dari Takmir Masjid Jamik Baiturrahim, Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu, (6/3/2023) malam. 

Pembinaan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada imam rowatib di masing-masing musala dan masjid yang akan memimpin atau menjadi imam sholat rowatib dan tarawih selama bulan Ramadan.

Ketua Takmir Masjid Baiturrahim, H Mohamad Iksan menekankan pentingnya imam masjid dan musala diberikan pembekalan sebelum memasuki bulan Ramadan.

"Pada kegiatan pembinaan ini kami menghadirkan pengasuh utama Gus Athoillah Mursyid salah satu pengasuh PPAI Al-Karomah," ujarnya kepada media online nasional Ketik.co.id, melalui keterangan tertulis, Kamis (7/3/2024).

H.Mohamad Iksan Ketua Takmir Masjid dan Gus Athoillah Mursyid Pengasuh PPAI Al-Karomah. (Foto : M Iksan for ketik.co.id)​

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari salah satu pelaksanan "Program Menyambut dan Menjemput Berkah Ramadan 1445H/2024M" yang diadakan Masjid Jamik Baiturrahim Curungrejo Kepanjen.

"Secara keseluruhan rangkaian kegiatan Ramadhan ada 10 Program unggulan. Rangkaian program ini diawali dengan pembinaan terhadap Imam Masjid serta Mushola," ucapnya.

Sedangkan sepuluh program unggulan itu disebutkannya, buka puasa gratis, pesantren Ramadan, nuzulul qur'an, kuliah subuh, tausiyah dan sebagainya.

Sedangkan pembekalan terhadap imam sebagai bentuk penyegaran agar dapat menjalankan tugasnya sebagai imam dengan sebaik mungkin sesuai kaidah ilmu tajwid terutama dalam hal bacaan surat Al-Fatihah, surat-surat pendek dan syarat rukun salat

"Ini sebagai bentuk penyegaran tentang tata cara salat terutama bacaan surat Al-Fatihah sebagai salah satu syarat dan rukun salat," terangnya.

Melalui pelatihan yang digelar Takmir Masjid Baiturrahim Curungrejo, Kepanjen ini ia berharap imam masjid dan musala dapat menerapkan ilmu yang didapat dengan baik dan sesuai tuntunan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ramadan Kabupaten Malang Imam Masjid dan Musala Masjid Jamik Baiturrahim