Sedekah Bumi di Tahun Baru Hijriah, Mahasiswa IAIN Curup Ikut Bantu

Jurnalis: Reno Diqqi Alghzali
Editor: Muhammad Faizin

19 Juli 2023 07:28 19 Jul 2023 07:28

Thumbnail Sedekah Bumi di Tahun Baru Hijriah, Mahasiswa IAIN Curup Ikut Bantu Watermark Ketik
Perangkat Desa Bukit Menyan dan para pemuka masyarakat, di hadapan gunung gagar mayang (hasil bumi). (Foto: Mutiara Herleningsi for Ketik.co.id)

KETIK, KEPAHIANG – Peringatan 1 Muharam 1445 Hijriyah dirayakan secara meriah oleh masyarakat Desa Bukit Menyan, Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang, Rabu (19/07/2023). Mereka menggelar acara sedekah bumi pada momen pergantian tahun baru Islam tersebut.

Ratusan warga yang berasal dari 3 dusun, berkumpul di lapangan Desa Bukit Menyan. Mereka turut menyaksikan acara yang digelar sejak Selasa (18/07/2023) malam.

Selain warga, acara tersebut juga turut dimeriahkan oleh sejumlah mahasiswa IAIN Curup yang menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa tersebut.

"Kita mulai KKN sejak 9 hari yang lalu. Kegiatan mahasiswa KKN di desa ini selalu padat. Masyarakat desa selalu melibatkan kami, seperti untuk mensukseskan acara sedekah Bumi ini," ujar Ilham, salah satu mahasiswa IAIN Curup yang diterjunkan untuk KKN di Desa Bukit Menyan. 

Acara sedekah bumi rutin dilaksanakan setiap tahun baru Hijriyah. Beragam kegiatan dilaksanakan mulai dari tarian adat budaya, sejarah desa sampai pada puncaknya pada hari Rabu ini. Arak-arakan hasil bumi yang diarak mengitari desa dan dusun yang ada di Bukit Menyan Kepahiang. 

Dete Konggoro, M.Ikom selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengaku, para mahasiswa KKN IAIN Curup sangat antusias mengikuti acara tersebut. Tak tertinggal juga mahasiswa KKN dari desa tetangga yang ikut memeriahkan acara Sedekah Bumi di Desa Bukit Menyan, Kecamatan Bermani Ilir, Kabupaten Kepahiang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kepahiang Sedekah Bumi KKN IAIN Curup