Selama Dua Pekan Dibuka, Baru 128 Jamaah Calon Haji Kabupaten Kediri Lunasi Bipih

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: Gumilang

24 Januari 2024 11:30 24 Jan 2024 11:30

Thumbnail Selama Dua Pekan Dibuka, Baru 128 Jamaah Calon Haji Kabupaten Kediri Lunasi Bipih Watermark Ketik
Para calon jamaah haji asal Kabupaten Kediri saat melakukan pelunasan Bipih di Kantor Kemenag, Rabu (24/1/2024). (foto : isa/Ketik.co.id).

KETIK, KEDIRI –  

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kediri mencatat selama dibuka pendaftaran pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 2024, masih 128 Jamaah Calon Haji (JCH) melakukan pelunasan.

Jumlah tersebut tergolong masih sedikit dari total Jamaah Haji Kabupaten Kediri yang diproyeksikan berangkat sebanyak 1.333 orang tahun ini. 

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Kediri, Abdul Kholiq Nawawi mengatakan proses pelunasan Bipih dibuka pada 10 Januari 2024 lalu. Hingga dua pekan ini, tercatat masih sekitar 128 jamaah yang melakukan pelunasan. 

"Tidak sampai 10 persen calon jemaah haji yang sudah melakukan pelunasan," kata Kholiq, Rabu (24/1/2024). 

Foto Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Kediri, Abdul Kholiq Nawawi saat dikonfirmasi Rabu (24/1/2024). (foto : isa/Ketik.co.id).Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Kediri, Abdul Kholiq Nawawi saat dikonfirmasi Rabu (24/1/2024). (foto : isa/Ketik.co.id).

Kholiq mengaku, minimnya calon jemaah haji yang melakukan pelunasan Bipih ini disebabkan sejumlah faktor. Diantaranya masih ada calon jemaah haji yang menjalani pemeriksaan kesehatan, melengkapi teknis sistem informasi, dan terkendala oleh biaya serta harus memenuhi syarat istitha'ah terlebih dahulu.

"Dari 1.333 jamaah tadi, terakhir updetnya yang istitha'ah ada 550 jamaah. Dari jumlah itu, 128 jamaah sudah melakukan pelunasan. Mudah-mudahan bisa melunasi semuanya," ungkapnya. 

Bagi calon jemaah haji yang diproyeksikan berangkat tahun 2024 ini, mereka harus melunasi Bipih dengan total Rp 60.526.334 per orang. Kholiq mengungkapkan, pelunasan Bipih ini baru memasuki tahap pertama, yang dimulai sejak tanggal 10 Januari hingga 12 Februari 2024.

"Kendala finansial pasti ada, tapi kita terus informasikan kepada para jamaah apabila sudah masuk dalam daftar antrean tahun ini dan berniat untuk berangkat ke tanah suci segera lakukan pelunasan," ungkapnya. 

Terpisah salah satu jamaah calon haji bernama Janah asal Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri mengaku senang sudah melakukan pelunasan Bipih. Menurut dia terkait finansial sudah dipersiapkan dari tahun lalu. 

"Alhamdulillah sudah melakukan pelunasan lancar, dan sudah ditabung disiapkan sejauh mungkin biar tidak ada beban," ucap dia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kemenag Kabupaten Kediri bipih Kediri cjh Kediri haji Kediri kediri