Sempat Ditunda, 7.706 Petugas PTPS Jember Resmi Dilantik

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

22 Januari 2024 08:08 22 Jan 2024 08:08

Thumbnail Sempat Ditunda, 7.706 Petugas PTPS Jember Resmi Dilantik Watermark Ketik
Pembacaan sumpah saat pelantikan PTPS di Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Senin (22/1/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jember melantik ribuan anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Senin (22/1/2024). Sebanyak 7.706 PTPS dilantik secara serentak dalam di 31 kecamatan masing-masing se-Kabupaten Jember.

Komisioner Bawaslu Divisi SDMO dan Diklat, Yoyok Adi Pranata menyampaikan pelantikan PTPS dilakukan Panwascam langsung di kecamatan setempat. Kendati demikian, banyaknya jumlah anggota per kecamatan tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan di luar kantor kecamatan. 

“Di gedung-gedung yang bisa menampung banyak orang, soalnya per kecamatan PTPS-nya bisa mencapai 400-an orang,” kata Yoyok sapaan akrabnya.

Sebelumnya, pengumuman petugas PTPS sempat ditunda karena adanya petunjuk teknis terbaru yang dikeluarkan Bawaslu RI. Juga ada enam desa yang belum memenuhi kuota karena beberapa calon PTPS mengundurkan diri.

“Jadi kami buka perpanjangan pendaftaran, karena Kecamatan Jombang belum terpenuhi PTPS-nya,” urainya.

Usai dilantik, para petugas PTPS nantinya akan mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) untuk pemantapan pengawasan selama Pemilu berlangsung hingga 7 hari setelahnya.

“Akan ada bimbingan teknis bagi petugas PTPS, agar lebih efektif bimteknya akan diadakan di masing-masing kelurahan. Mengingat jumlahnya cukup besar per kecamatan,” jelas Hisyam Wahyu Aditya, Koordinator Sekretariat Bawaslu Jember saat ditemui di pelantikan PTPS Kecamatan Patrang.

Nantinya tugas dari petugas PTPS tersebut, lanjut Hisyam, adalah mengawal logistik pemilu dari kelurahan ke TPS masing-masing serta mengawasi jalannya pemungutan suara.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pelantikan PTPS Jember Bawaslu pemilu2024 Pengawas Tempat Pemungutan Suara