Sidak Betonisasi Jalan, Gus Muhdlor: Manfaatnya Besar bagi Masyarakat

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: M. Rifat

22 Juli 2023 02:30 22 Jul 2023 02:30

Thumbnail Sidak Betonisasi Jalan, Gus Muhdlor: Manfaatnya Besar bagi Masyarakat Watermark Ketik
Gus Muhdlor (tengah berkamata) didampingi anggota DPRD Sidoarjo H Rizza Ali (kanan) berdoa bersama warga dan pekerja saat meninjau proyek betonisasi jalan di Kecamatan Krembung, Jumat (21/7/2023). (Foto: Diskominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor Ali, SIP benar-benar ingin memastikan program-program infrastruktur berjalan dengan baik, berkualitas, dan sesuai target waktu. Jumat (21/7/2023), proyek pembetonan jalan antara Desa Mojoruntut hingga Pabrik Gula (PG) Krembung disidak.

Gus Muhdlor, sapaan Bupati Muhdlor, datang ke lokasi. Di sana dia bertemu dan berbicara dengan para pekerja. Juga warga dan perangkat desa setempat.

Disampaikan oleh Gus Muhdlor, proyek pembetonan jalan merupakan salah satu upaya pemerintah daerah meningkatkan kualitas infrastruktur jalan. Ruas jalan di depan PG Krembung dan Mojoruntut ini salah satunya. Jalan itu merupakan akses menuju arah Ngoro, Mojokerto.

”Saya minta tolong ya bisa selesai tepat waktu,” ungkap Gus Muhdlor di antara warga dan pekerja yang mengadakan tumpengan atau liwetan bersama.

Bupati alumnus Universitas Airlangga (Unair) itu menjelaskan, proyek jalan beton tersebut terdiri atas dua segmen. Masing-masing segmen ke-1 sepanjang 1.283 meter. Segmen ke-2 sepanjang 906 meter. Lebarnya 5 sampai 6 meter. Dimulai dari pertigaan Pasar Krembung hingga depan PG Krembung.

Bagaimana progresnya? Gus Muhdlor mengatakan, penggarapan betonisasi jalan Krembung--Mojoruntut itu melebihi target. Tentu ini menggembirakan. Pada Minggu ke-6, pekerjaan melebihi target.

Foto Proyek-proyek infrastruktur jalan beton di Kabupaten Sidoarjo pada tahun anggaran 2022 dan 2023. Bupati Muhdlor berharap proyek bisa selesai tepat waktu dan sesuai rencana. (Grafis: Rihad Humala)Proyek infrastruktur jalan beton di Kabupaten Sidoarjo tahun anggaran 2022 dan 2023. Bupati Muhdlor berharap proyek selesai tepat waktu dan sesuai rencana. (Grafis: Rihad Humala)

Hingga sekarang, pengerjaannya sudah berjalan 43 hari sejak Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) pada ditandatangani 8 Juni 2023. Sisa waktu tinggal 137 hari atau berakhirnya SPMK tanggal 4 Desember 2023 besok.

Gus Muhdlor menyaksikan, tahap kedua penambahan beton inti memiliki ketebalan lebih besar daripada fondasi dasar. Menurut dia, hal itu penting untuk memastikan jalan beton memiliki daya tahan yang optimal. Mampu menampung beban lalu lintas kendaraan yang cukup besar. Kualitas infrastruktur jalan sangat memengaruhi mobilitas masyarakat dan pertumbuhan ekonomi wilayah.

”Saya sangat mengapresiasi kerja keras tim konstruksi yang telah bekerja sungguh-sungguh,” ungkap bupati berusia 32 tahun tersebut.

Gus Muhdlor menambahkan, saat ini, segmen 2 proyek betonisasi memasuki tahap pemasangan U-Ditch. Beton berbentuk menyerupai huruf U untuk saluran air. Saluran beton tersebut menjadi sistem drainase untuk mengatasi genangan air yang mungkin terjadi di area tersebut.

Panjang U-Ditch kurang lebih 725 meter untuk segmen 1. Sedangkan segmen 2 sepanjang 306 meter digarap di dua sisi. Kanan-kiri jalan.

"Dengan sistem drainase yang baik, diharapkan umur jalan beton ini lebih lama. Dan, lebih tahan terhadap cuaca ekstrem," ucapnya.

Gus Muhdlor berpesan sekali lagi agar proyek betonisasi ini selesai sesuai rencana, yaitu Desember 2023. Sebab, Pemkab Sidoarjo berkomitmen menuntaskannya tepat waktu.

Dengan begitu, masyarakat segera merasakan manfaatnya. Arus transportasi lancar. Distribusi barang akan mudah. Peluang investasi baru bagi daerah sekitar terbuka. Selain itu, mendukung sektor pariwisata di Sidoarjo.

"Semoga proyek ini berhasil mencapai tujuannya dan memberikan dampak positif bagi kemajuan Sidoarjo ke depan," ungkapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pemkab Sidoarjo Gus Muhdlor Jalan Beton DPRD Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo Proyek Infrastruktur Betonisasi Jalan