SMPN 1 Kare Madiun Terpilih Jadi Tuan Rumah Program Kemenkeu Mengajar

Jurnalis: Kurniawan
Editor: M. Rifat

8 Oktober 2024 09:34 8 Okt 2024 09:34

Thumbnail SMPN 1 Kare Madiun Terpilih Jadi Tuan Rumah Program Kemenkeu Mengajar Watermark Ketik
Koordinator Daerah Kemenkeu Mengajar di Kabupaten Madiun, Dwi Yogyastara (Foto: Dok. Dinas Pendidikan kebudayaan Madiun)

KETIK, MADIUN – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kare kabupaten Madiun, terpilih menjadi tuan rumah dalam program "Kemenkeu Mengajar". Program ini merupakan agenda tahunan yang telah berjalan selama sembilan tahun.

"Alhamdulillah, SMPN 1 Kare terpilih menjadi lokasi Kemenkeu Mengajar. Sebanyak 336 siswa dari kelas 7, 8, dan 9 ikut serta dalam program ini. Kami berharap kegiatan ini menjadi inspirasi bagi anak-anak ke depannya,” kata kepala Kepala SMPN 1 Kare, Muhsin, Senin 7 Oktober 2024.

Sementara itu, Koordinator Daerah Kemenkeu Mengajar di Kabupaten Madiun, Dwi Yogyastara, menjelaskan, tahun ini "Kemenkeu Mengajar" melibatkan 316 sekolah di 36 provinsi, dengan 21 satuan kerja (satker) dan 46 relawan yang berpartisipasi di Kabupaten Madiun. Hal ini sebagai upaya Kemenkeu untuk memberikan edukasi keuangan sejak dini kepada para pelajar.

“Kami memberikan materi tentang APBN, fungsi-fungsinya, serta literasi keuangan dan pengenalan berbagai profesi di Kementerian Keuangan. Tujuannya agar para siswa mendapat gambaran mengenai profesi kami dan peran Kemenkeu dalam mengelola keuangan negara,” ucap Dwi.

Program tersebut juga melibatkan berbagai instansi di bawah Kemenkeu, seperti Direktorat Jenderal Bea Cukai, Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, serta Direktorat Jenderal Perbendaharaan. 

Pemerintah kabupaten Madiun melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun, Siti Zubaidah, memberikan apresiasi atas terselenggaranya program ini di SMPN 1 Kare.

Ia menekankan pentingnya literasi keuangan sebagai bagian dari indikator kualitas pendidikan, di samping kemampuan numerasi.

"Program ini memberi pemahaman kepada siswa tentang bagaimana pengelolaan keuangan, baik di tingkat keluarga maupun di tingkat pemerintah. Dengan demikian, mereka bisa lebih menghargai upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di Kabupaten Madiun," pungkas Siti. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kemenkeu SMPN 1 Kare Kabupaten Madiun diknas