Sosok Lutfi Zibahnul, Dalang Muda yang Wakili Kota Batu Dalam Festival Dalang Muda Jatim

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

8 November 2023 13:30 8 Nov 2023 13:30

Thumbnail Sosok Lutfi Zibahnul, Dalang Muda yang Wakili Kota Batu Dalam Festival Dalang Muda Jatim Watermark Ketik
Lutfi Zibahnul Aziz, dalang muda yang mewakili Kota Batu dalam Festival Dalang Muda Jawa Timur di Surabaya. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Tidak banyak generasi milenial yang menekuni kesenian tradisional wayang dengan menjadi Dalang. Salah satunya adalah Lutfi Zibahnul Aziz dalang muda yang mewakili Kota Batu dalam Festival Dalang Muda Jawa Timur di Surabaya, Rabu, (8/11/2023) malam.

Lutfi, begitu sapaan akrabnya mulai menyukai dunia wayang saat ia masih kecil. Tepatnya saat duduk di bangku kelas 6 Sekolah Dasar, pria berkacamata ini mulai belajar mendalang di Sanggar Kridha Manggala Laras Kelurahan Ngaglik Kota Batu.

"Kalau senang wayang sudah mulai kecil kalau proses belajar sejak kelas enam SD. Kalau ikut festival mulai SMA kelas 2 di tahun 2016," katanya, Rabu (8/11/2023)

Selain menjadi dalam, Lutfi juga seorang guru di sebuah SMP Negeri. Gelar Sarjana Pendidikan juga disandang oleh pria 25 tahun tersebut.

Selain belajar mendalang di Sanggar Kridha Manggala Laras, Lutfi juga belajar mendalang dari sesama dalang di Kota Solo. "Saya sempat masuk 10 terbaik festival dalang remaja Jawa Timur tahun 2017. Waktu masih SMA kelas 2," ulasnya.

Lutfi kini mewakili Kota Batu untuk mengikuti Festival Dalang Muda Jawa Timur yang akan berlangsung di Surabaya hari ini, Rabu (8/11/2023) malam. Berbagai persiapan telah ia lakukan untuk meraih juara dalam Festival tersebut. Salah satunya, latihan secara intensif di sanggar.

"Setiap hari latihan di sanggar termotivasi untuk terus latihan karena dituntut untuk hafal semua, baik sabet dan semua dialog," tambahnya.

Lutfi mengutarakan, sesuai juknis festival dalang muda Jawa Timur, setiap peserta membawa wayang dan peralatan lainnya sendiri. Sedangkan pengerawit dan sinden telah disiapkan pihak panitia.

"Harapan kami, Setidaknya mendapatkan satu nominasi. Sehingga bisa mengharumkan nama Kota Batu," ulasnya.

 

Tombol Google News

Tags:

Dalang muda Festival Dalang Muda Jawa Timur Kota Batu