Survei Elektabilitas Naik, PKB dan Gerindra Optimis Menang di Probolinggo

Jurnalis: Atiq Alirahbini
Editor: Moch Khaesar

19 Maret 2023 13:47 19 Mar 2023 13:47

Thumbnail Survei Elektabilitas Naik, PKB dan Gerindra Optimis Menang di Probolinggo Watermark Ketik
Ketua DPC Gerindra Kabupaten Probolinggo HM. Zubaedi dan Sekretaris Garda Bangsa Kabupaten Probolinggo, Muhlis. (Foto: dok. HM Zubaedi dan Muchlis)

KETIK, PROBOLINGGO – Kader dan fungsionaris DPC PKB Kabupaten Probolinggo, menyambut baik hasil survei elektabilitas partai politik secara nasional yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research Center (SMRC), Minggu (19/3/2023).

Hasil survei itu menyebutkan PKB menempati nomor urut ketiga dengan capaian 10, 3 persen. Sedangkan di posisi kesatu PDIP, yang mendapatkan 23 persen, disusul peringkat kedua Gerindra 14,1 persen.

"Kami mendapat rilisnya itu bikin kami makin semangat," terang  Juru Bicara DPC PKB Kabupaten Probolinggo Muchlis kepada Ketik.co.id.

"Meski itu skala nasional, tapi pastinya akan merembet ke daerah. PKB secara kultur dan struktur terus melakukan konsolidasi ke bawah, menjalin silaturrahmi dengan semua ornamen PKB sampai menuju 2024. Kepercayaan kader PKB semakin kuat dan mantap untuk berkompetisi," tandas Muchlis yang juga sekretaris Garda Bangsa Kabupaten Probolinggo itu.

Dijelaskan, PKB optimistis akan mendapatkan 14 kursi DPRD Kabupaten Probolinggo pada Pemilu 2024. "PKB kabupaten probolinggo sangat optimistis jadi pemenang di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 dengan raihan minimal 14 kursi legislatif," ujar Muchlis.

Gerindra Siapkan Warung Kopi Juang

Sementara itu, tak kalah semangat, DPC Gerindra Kabupaten Probolinggo untuk memenangi pileg di Kabupaten Probolinggo. Optimisme itu muncul setelah mengetahui hasil survei SRMC tersebut.

"Semua ingin menang. Gerindra realistis mendapatkan kursi per dapil maksimal 2 kursi, berdasarkan indikator capaian perolehan Pemilu 2019," ujar Ketua DPC Gerindra Kabupaten Probolinggo HM Zubaedi kepada Ketik.co.id.

Keyakinan DPC Gerindra ini juga akan diikuti dengan langkah taktis berupa gerakan konkret sampai di 325 desa dan 5 kelurahan se-kabupaten.

"Kita pasang caleg vote getter yang layak jual di masyarakat di tiap dapil. Mesin politik partai dari ranting dan PAC kita penuhi strukturnya  sampai saksi per TPS," jelasnya. 

Selain itu, HM Zubaedi mengaku keyakinan Gerindra akan memenangi pileg di Kabupaten Probolinggo, karena pengaruh Prabowo effect dan Gus Haris effect, yang diusung sebagai bakal calon bupati Gerindra.

"Kedua effect itu akan signifikan. Terutama kalau di sini, karena faktor Gus Haris Genggong. Kami juga secara konkret akan mendirikan dan atau kerja sama warung Kopi Juang, sebagai posko per desa 2 titik se-Kabupaten Probolinggo," paparnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

PKB Probolinggo Gerindra Probolinggo HM Zubaedi Muchlis Surve SMRC