Tiba di Nagan Raya, Kirab Api PON Aceh-Sumut Disambut dengan Antusias

Jurnalis: Basriadi
Editor: Cutbang Ampon

28 Agustus 2024 17:04 28 Agt 2024 17:04

Thumbnail Tiba di Nagan Raya, Kirab Api PON Aceh-Sumut Disambut dengan Antusias Watermark Ketik
Kirab Api PON Aceh-Sumut dibawakan oleh atlet pelari di Nagan Raya, Rabu, 28 Agustus 2024. (Foto: Basriadi/Ketik.co.id)

KETIK, NAGAN RAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Aceh menyelenggarakan Upacara Kirab Obor Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI, yang akan dilaksanakan di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara pada September 2024.

Kedatangan obor api PON yang dibawa oleh atlet pelari disambut dengan antusias oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), masyarakat, dan siswa-siswi di Kabupaten Nagan Raya. Drumband pelajar dari SMP Negeri 1 Seunagan turut memeriahkan penyambutan pelari pembawa Obor Api PON tersebut.

Upacara kirab Api PON di Kabupaten Nagan Raya dipimpin oleh Pj. Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Ardimartha yang berlangsung di halaman kantor Bupati, Kompleks Perkantoran Suka Makmue, pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Dalam amanatnya, Ardimartha menyampaikan bahwa Pekan Olahraga Nasional merupakan momentum penting bagi seluruh masyarakat Indonesia, baik di tingkat nasional maupun daerah yang menjadi tuan rumah.

"Pelaksanaan PON tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga menjadi momen untuk menumbuhkan semangat kebangsaan, promosi budaya dan pariwisata, serta penguatan sektor UMKM," ujar Ardimartha.

Ia menambahkan bahwa Kirab Obor Api PON bukan hanya tradisi yang menandai dimulainya perhelatan olahraga terbesar di Indonesia, tetapi juga simbol semangat sportivitas, persatuan, dan kesatuan bangsa.

Sekda Ardimartha juga menegaskan komitmen Pemkab Nagan Raya dalam menyukseskan PON Aceh-Sumut ke-21 tahun 2024 yang turut dimeriahkan dengan rangkaian acara UMKM Rameune Nagan Raya Expo, yang akan diselenggarakan pada 15-20 September 2024.

"Mari kita semarakkan PON dan jadikan ini sebagai kehormatan serta kebanggaan bagi kita semua, masyarakat Kabupaten Nagan Raya," pungkasnya.

Setelah melewati Nagan Raya, Obor Api PON akan menuju ke Kabupaten Aceh Barat Daya dan terus berkeliling Aceh sebelum akhirnya tiba di tempat pembukaan resmi PON XXI pada 9 September mendatang.

Sebagai informasi, Pekan Olahraga Nasional XXI akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo di Provinsi Aceh pada 9 September 2024 yang bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-41.

Upacara Kirab Api PON XXI diikuti oleh para ASN, THL, pelajar, serta dihadiri oleh unsur Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Kepala SKPK, dan tamu undangan lainnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

PON Aceh-Sumut Aceh Nagan Raya kirab api pon