Puluhan Anggota PPL Tiga Kecamatan di Nagan Raya Dilantik

Jurnalis: Basriadi
Editor: Cutbang Ampon

15 September 2024 14:42 15 Sep 2024 14:42

Thumbnail Puluhan Anggota PPL Tiga Kecamatan di Nagan Raya Dilantik Watermark Ketik
Pelantikan anggota PPL tiga kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya di Seunagan Timur. (Foto: Basriadi/Ketik.co.id)

KETIK, NAGAN RAYA – Sebanyak 93 Anggota Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) Kecamatan Seunagan, Seunagan Timur dan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, resmi dilantik di Gedung Serbaguna Seunagan Timur, Jumat (13/6/2024).

Pelantikan dilakukan oleh masing-masing ketua kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Seunagan 35 anggota PPL, Seunagan Timur 34 anggota PPL dan Kecamatan Beutong 24 anggota PPL yang dilantik. 

Dalam sambutannya, sebagai perwakilan camat, Amal Mulya mengucapkan selamat atas dilantiknya anggota PPL di tiga kecamatan secara bersama.

"PPL yang sudah dilantik mengandung amanah dan tanggung jawab sehingga harus dituntaskan dengan menyukseskan pilkada serentak 2024," ujar Amal.

Kemudian, mewakili Ketua Panwaslihcam, Jasiran mengatakan, anggota PPL merupakan ujung tombak pengawasan yang langsung bersentuhan dengan seluruh stakeholder tingkat desa di wilayah kerja masing-masing.

Ada tiga poin utama yang perlu jadi perhatian bagi PPL, pertama jaga marwah lembaga dengan integritas dan netralitas sebagai penyelenggara pemilihan. Kedua, jaga kekompakan sesama pengawas pemilihan. ketiga, fokus pada tahapan dengan bekal materi pengawas pemilihan secara mandiri.

"PPL mempunyai peranan yang sangat urgen dalam mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan pilkada di wilayah desa masing-masing, agar terlaksana sesuai dengan ketentuan peraturan per undang-undangan," ujarnya.

Sementara itu, Komisioner Panwaslih Nagan Raya, Darmawan, mengaku sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepala anggota PPL yang telah dilantik.

Disebutkan, PPL menjadi garda terdepan dalam menyukseskan Pilkada serentak 2024. Secara struktur kelembagaan, Bawaslu PPL berada di level terbawah yang mempunyai peran strategis dalam mengawasi setiap tahapan pilkada.

"Kami juga berharap setiap melakukan pengawasan PPL selalu berkoordinasi dengan Panwaslihcam masing-masing kecamatan dan menjaga komunikasi dengan seluruh stakeholder terkait," demikian kata Darmawan.

Selanjutnya, acara pelantikan ini sekaligus dilakukan bimbingan teknis untuk penguatan kapasitas PPL yang diisi oleh Jasiran.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para camat dan perwakilan di 3 kecamatan, komisioner Panwaslih, para kapolsek atau perwakilan, danramil atau perwakilan, ketua dan anggota Panwaslihcam, PPK, serta tamu undangan lainnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pilkada Nagan Raya anggota ppl pilkada Aceh seunagan timur seunagan beutong