Tidak Hanya Puasa, Inilah Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Ramadan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

12 Maret 2024 23:15 12 Mar 2024 23:15

Thumbnail Tidak Hanya Puasa, Inilah Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Ramadan Watermark Ketik
Ilustrasi berdoa. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Datangnya bulan penuh berkah tentu saja disambut suka cita oleh segenap umat muslim di seruluh dunia. Saat bulan Ramadan kita diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa. Namun tahukah kamu jika amalan yang bisa dilakukan di bulan suci tersebut bukan hanya sekedar berpuasa.

Sebagaimana bulan yang penuh berkah banyak amalan yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pahala yang berlipat. Bahkan, kebiasaan sehari-hari dan amalan-amalan sunnah yang dilakukan di bulan Ramadhan pun bisa bernilai pahala apabila dilakukan dengan niat yang baik dan benar.

Berikut ini adalah beberapa amalan yanv bisa dilakukan di bulan Ramadan selain berpuasa.

1. Berdzikir

Dzikir adalah amalan yang dianjurkam untuk dilakukan di bulan Ramadan. Rasulullah menganjurkan untuk memperbanyak istighfar, berzikir, dan berdoa memohon ampun kepada Allah. Jenis-jenis dzikir pun ada banyak, mulai dari tasbih, tahmid, takbir, tahlil, dan lainnya. 

2. Berdoa

Berdoa adalah salah satu amalan yang disukai oleh Allah SWT. Sebagai seorang hamba kita malah dianjurkan untuk berdoa dan meminta sesuatu kepada Allah SWT. Apalagi bulan Ramadan merupakan waktu yang pas untuk berdoa karena dikenal sebagai waktu yang makbul.

3. Mendalami ilmu agama

Bulan Ramadan merupakan waktu yang pas untuk memdalami atau belajar ilmu agama. Amalan ini memiliki pahala yang berlimpah. Ilmu agama bisa diperoleh dengan cara mendatangi majelis ilmu maupun mempelajarinya dari buku maupun online.

4. Bersedekah

Selain berpuasa kita juga bisa memperbanyak amal ibadah dengan bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Amalan ini sangat dianjurkan oleh Allah SWT sebagaimana yang tertulis di surat Al-Baqarah ayat 261 yang berbunyi:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”(*)

Tombol Google News

Tags:

Ramadan puasa sedekah berdoa Amalan dzikir