Tiga Proyeksi Jangka Panjang Wapres untuk Perguruan Tinggi

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

11 September 2024 19:59 11 Sep 2024 19:59

Thumbnail Tiga Proyeksi Jangka Panjang Wapres untuk Perguruan Tinggi Watermark Ketik
Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin di iConASET bertempat di Unusa. (Foto: Humas Unusa)

KETIK, SURABAYA – Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin menekankan kampus sebagai pencetak generasi unggul masa depan.

Menurutnya sangat penting memproyeksikan ilmu pengetahuan dan kebutuhan pendidikan yang tepat untuk lima, sepuluh, bahkan dua puluh tahun mendatang.

“Perguruan tinggi, sebagai penghasil riset dan penelitian yang kreatif dan inovatif, juga perlu berkolaborasi dengan pemerintah dan swasta dalam penyusunan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri, sehingga melahirkan generasi berdaya saing,” terang  Ma'ruf Amin di Kampus B Unusa Surabaya 11 September 2024.

Menekankan hal itu, Ma'ruf Amin menyampaikan beberapa pesan strategis kepada perguruan tinggi terkait upaya menciptakan lingkungan akademik yang berkualitas tinggi.

Pertama, ia menginstruksikan kampus-kampus agar mengembangkan riset dan penelitian yang relevan dengan kebutuhan zaman dengan tetap menjadikan ajaran agama sebagai fondasi utama.

“Inovasi yang dihasilkan dapat memenuhi tuntutan teknologi dan sosial dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan moral,” tutur Wapres.

Kedua, Ma'aruf meminta perguruan tinggi agar membangun peluang kerja sama dengan dunia usaha dalam mengaplikasikan hasil riset, sekaligus menyiapkan lulusan dalam memasuki lapangan kerja.

“Kerja sama ini dapat membuka kesempatan bagi institusi untuk mendapatkan umpan balik langsung dari industri, yang berguna dalam menyempurnakan riset dan kurikulum,” terangnya.

Ketiga, Wapres mengarahkan agar perguruan tinggi lebih kreafif dalam membangun sumber pendanaan dan pengembangan riset, sehingga penelitian, publikasi, dan inovasi yang dihasilkan semakin terjaga kontinuitasnya.

“Manfaatkan keunggulan Society 5.0 untuk meningkatkan daya saing dan kualitas riset yang dihasilkan,” ucapnya.

Menurut Wapres, Society 5.0 saat ini menjadi isu kontemporer yang mengubah interaksi manusia sehari-hari menjadi kian terdigitalisasi.

Society 5.0 menyajikan teknologi kecerdasan buatan, internet of things, dan big data, yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup manusia, melalui pelayanan pendidikan, kesehatan, dan pelayanan publik yang lebih efisien dan terintegrasi.

“Konsep ini menjadi faktor penting dalam peningkatan kualitas hidup bangsa Indonesia,” pungkasnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Wakil Presiden Wapres kh ma'ruf amin Generasi Unggul Unusa tiga pesan Wapres perguruan tinggi kampus