Tim Pengabdian Masyarakat Unmer Berikan Pelatihan Greenhouse dan Drip Irrigation untuk Warga Kota Malang

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

20 September 2024 17:27 20 Sep 2024 17:27

Thumbnail Tim Pengabdian Masyarakat Unmer Berikan Pelatihan Greenhouse dan Drip Irrigation untuk Warga Kota Malang Watermark Ketik
Dosen Universitas Merdeka Malang melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat, Jumat 20 September 2024. (Foto: Unmer)

KETIK, MALANG – Dalam rangka meningkatkan keterampilan masyarakat dalam bidang pertanian berkelanjutan, dosen-dosen dari Universitas Merdeka Malang melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat, Jumat 20 September 2024. 

Program pengabdian tersebut memberikan pelatihan metode pembibitan di greenhouse dan pengairan melalui sistem drip irrigation kepada Kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Perumahan Greenliving, Kelurahan Gadang, Kota Malang.

"Dengan penggunaan greenhouse, bibit tanaman dapat tumbuh dalam lingkungan yang lebih terkontrol, sehingga memperbesar peluang keberhasilan penanaman. Ini menjadi solusi praktis bagi ibu-ibu rumah tangga dalam menghasilkan tanaman berkualitas," kata Lian Agustina Setiyaningsih, Ketua Pengabdian Masyarakat Unmer. 

Lian mengutarakan, program tersebut didanai melalui hibah Pengabdian Kepada Masyarakat dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2024. Tujuannya untuk memberdayakan ibu rumah tangga setempat dalam memanfaatkan lahan pekarangan untuk bercocok tanam secara modern dan efisien.

"Pelatihan ini berlangsung selama dua hari dan disambut dengan antusias oleh para peserta," tambahnya.

Dalam pelatihan itu, jelas Lian, para ibu rumah tangga diperkenalkan dengan teknologi greenhouse yang dapat melindungi tanaman dari cuaca ekstrem dan serangan hama, sehingga tanaman bisa tumbuh dengan lebih optimal. Dikatakannya, Metode pembibitan tersebut sangat efektif digunakan di daerah perkotaan seperti Perumahan Greenliving. 

"Lahan pekarangan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan produktivitas pangan keluarga," ujarnya.

Selain pembibitan, pelatihan ini juga mengajarkan teknik pengairan modern menggunakan sistem drip irrigation. Sistem ini memungkinkan pemberian air secara perlahan dan langsung ke akar tanaman, mengurangi pemborosan air, dan sangat cocok untuk diterapkan di pekarangan rumah yang terbatas. 

"Para peserta diajarkan cara memasang dan merawat sistem drip irrigation untuk memastikan efisiensi penggunaan air, terutama di musim kemarau," ulas Lian.

Melalui kegiatan pengabdian tersebut, lanjut Lian, Universitas Merdeka Malang berharap dapat membantu masyarakat, khususnya ibu rumah tangga, dalam menciptakan ketahanan pangan di tingkat keluarga.

"Pelatihan ini juga diharapkan bisa menjadi awal dari pengembangan pertanian perkotaan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan di Kota Malang," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Malang Universitas Merdeka Malang Pengabdian Masyarakat