TPS3R Segera Dibangun di Pasar Induk Among Tani Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

25 Oktober 2023 11:26 25 Okt 2023 11:26

Thumbnail TPS3R Segera Dibangun di Pasar Induk Among Tani Kota Batu Watermark Ketik
Pasar Induk Among Tani Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pemkot Batu akan segera membangun Tempat Pengelolaan Sampah Reuse-Reduce-Recycle (TPS3R) di Pasar Induk Among Tani Kota Batu. 

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengatakan, TPS3R tersebut akan berdekatan dengan pasar sayur yang telah direnovasi terlebih dahulu sebelum Pasar Induk Among Tani.

"Letak TPS3R ada di luar, di pasar sayur yang lama. Jadi nanti semua sampah tidak keluar dari pasar. Semua diolah di TPS3R pasar ini," katanya, Kamis (25/10/2023).

Saat ini, aktivitas di pasar induk Among Tani menghasilkan sekitar 3 ton sampah setiap hari. Oleh karena itu, Aries menjelaskan, di TPS3R Pasar Induk akan ada petugas yang bertugas memilah sampah. TPS3R itu juga akan dilengkapi dengan mesin pencacah sampah.

"Ada petugas sendiri. Karena kan nanti pedagang ditarik retribusi. Ada tiga ton sampah setiap hari," urainya.

Pedagang pasar induk juga diajak untuk mengelola sampah secara mandiri. Misalnya pedagang daging dan ikan, mereka diedukasi untuk memilah mana sampah organik, basah dan sampah kering. 

"Dan nanti setelah di TPS nanti diambil oleh petugas. Jadi setelah sampai di TPS sudah tidak ada lagi mana yang dimusnahkan dan mana yang tidak," jelas Aries.(*)

Tombol Google News

Tags:

0asPasar Induk Among Tani Kota Batu tps3r sampah