Tuntaskan Permasalahan Tower, Warga Jalan Sawo Geruduk Wali Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

5 September 2023 08:56 5 Sep 2023 08:56

Thumbnail Tuntaskan Permasalahan Tower, Warga Jalan Sawo Geruduk Wali Kota Malang Watermark Ketik
Wali Kota Malang Sutiaji menerima cinderamata ucapan terima kasih dari warga di Jalan Sawo. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Beberapa warga yang tinggal di kawasan Jalan Sawo, Kelurahan Bareng geruduk kantor Balai Kota untuk menemui Sutiaji, Wali Kota Malang, Selasa (5/9/2023).

Rupanya kedatangan warga tersebut sebagai wujud terima kasih warga kepada Sutiaji yang berhasil menuntaskan permasalahan tower telekomunikasi di kawasan tersebut.

Perlu diketahui, banyak warga yang merasa terganggu akibat berdirinya tower tersebut. Protes warga pun telah dilayangkan sejak delapan tahun yang lalu namun baru terselesaikan tahun ini.

"Persoalan warga Jalan Sawo terkait tower yang berdiri di tengah warga selama delapan tahun. Warga sudah menyuarakan di era (wali kota) sebelumnya tapi tidak ada penyelesaian. Di era beliau, Wali Kota Sutiaji baru bisa terselesaikan dengan baik," ungkap Juru Bicara Warga Jalan Sawo, Danang Soenardono saat ditemui di Balai Kota Malang.

Pasalnya di era kepemimpinan Sutiaji, hanya butuh waktu delapan bulan hingga masalah tersebut tuntas sepenuhnya. Tak heran jika masyarakat setempat menggeruduk Balai Kota Malang untuk berterima kasih.

"Di era Pak Sutiaji itu mendapatkan respon bagus, bahkan waktu itu hanya berkisar 8 bulan (maksimal) itu sudah bisa diselesaikan dengan baik di Jalan Sawo. Towernya dipindah ke Jalur Hijau di depan Masjid Al Ikhlas Raya Langsep," lanjutnya. 

Sebelum masalah tersebut tuntas, berbagai ancaman bahaya menghantui masyarakat. Seperti saat musim hujan disertai halilintar, berimbas pada terbakarnya beberapa televisi warga. 

Berkat kinerja tersebut, warga berharap Sutiaji dapat melanjutkan memimpin Kota Malang di tahun 2024-2029 mendatang.

"Kinerja beliau yang baik, kami berharap Pak Sutiaji bisa memimpin kami kembali 2024-2029 di periode ke dua. Kami melihat tidak ada unsur apapun, ke sini tidak ada kaitannya dengan rangka politik, tapi apresiasi warga atas keberhasilan beliau," lanjutnya.

Sementara itu Wali Kota Malang, Sutiaji menyampaikan, upaya tersebut sebagai bentuk hadirnya pemerintah di tengah masyarakat. Ia berharap pelayanan yang diberikan Pemkot Malang dapat semakin berdampak pada masyarakat.

"Ketika kehadiran negara atau pemerintah itu ada di tengah-tengah masyarakat, maka kepercayaan mereka akan tinggi. Legitimasinya kuat, dan itu yang kita harapkan. Itu sudah menjadi tugas kita, setelah sekian tahun bisa berhasil dan masyarakat merasa terbantu," tutur Sutiaji.

Namun Sutiaji enggan menanggapi singgungan perihal dukungan warga untuk melaju di Pemilihan Wali Kota Malang periode selanjutnya.  

"Saya tidak komentar itu. Masyarakat merasa terimakasih ya itu lah. Saya juga sudah sampaikan pada OPD bahwa kehadiran negara dan pemerintah itu harus dirasakan. Berati mereka merasakan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jalan Sawo Tower Jalan Sawo Warga Geruduk Balai Kota Malang Kota Malang