Unicef Pilih Kabupaten Bandung Jadi Tempat Kampanye Menstruasi Higenis

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

28 Mei 2024 11:06 28 Mei 2024 11:06

Thumbnail Unicef Pilih Kabupaten Bandung Jadi Tempat Kampanye Menstruasi Higenis Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna membuka kampanye Menstrual Hygiene Day (MHD), di Dome Bale Rame Soreang, Selasa (28/5/24).(Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – United Nations Children's Fund (Unicef), organisasi di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup anak dan perempuan, bekerjasama dengan Speak Indonesia, Pemkab Bandung serta lembaga pendidikan, menggelar Menstrual Hygiene Day (MHD), di Dome Bale Rame Soreang, Selasa (28/5/2024).

MHD bertema edukasi pubertas dan manajemen kebersihan menstruasi (MKM) yang dihadiri 32.000 peserta secara hybrid ini bertujuan membangun generasi emas yang sehat.

Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna mengatakan kampanye ini sebagai salah satu upaya dan kepedulian bersama dalam membangun generasi emas masa depan yang sehat dan berkualitas.

"Khususnya dalam membangun anak remaja di Kabupaten Bandung. Saya juga sangat mengapresiasi kampanye ini, yang tentunya dapat meningkatkan pemahaman terhadap kesehatan reproduksi melalui manajemen kebersihan menstruasi," kata Bupati Bandung.

Bupati juga bersyukur dan mengapresiasi karena Kabupaten Bandung dijadikan daerah percontohan sebagai daerah yang paling inisiatif dan inovatif dalam pengembangan dan peluasan manfaat edukasi pubertas dan manajemen kebersihan menstruasi.

"Saya harap kampanye ini menjadi momentum yang baik untuk saran edukasi, rekreasi, juga meningkatkan pemahaman bersama tentang pentingnya pendidikan manajemen kesehatan reproduksi," ucap Bupati Dadang Supriatna yang akrab disapa Kang DS ini.

Kang DS pun berharap kampanye ini dapat meningkatkan komitmen bersama dalam upaya mendukung menyiapkan generasi emas masa depan yang sehat, cerdas dan berkualitas.

Ia menandaskan pentingnya kolaborasi antara Unicef dengan lembaga pendidikan akan menjadi nyata terutama dalam menangani isu pubertas termasuk manajemen kebersihan menstruasi.

"Kiranya perlu saya ingatkan, menurut Unicef manajemen kebersihan menstruasi merupakan pengelolaan kebersihan dan kesehatan yang tentunya ini perlu dipahami oleh semuanya, terutama perempuan saat mengalami menstruasi," kata Kang DS, sapaan akrab Bupati.

Menurutnya, perempuan saat mengalami menstruasi perlu menggunakan pembalut untuk menampung darah. Pembalut yang digunakan merupakan pembalut sekali pakai.

"Maksimal diganti secara reguler, maksimal sekali setiap empat jam walaupun darah yang keluar sedikit. Sering kali menunggu selama enam jam atau lebih, hal ini dapat menyebabkan infeksi saluran reproduksi, saluran kencing dan iritasi kulit," jelas Kang DS.

Menurutnya, MKM pun penting untuk laki-laki karena berdampak pada bagi meningkatnya pengetahuan tentang kesehatan sistem reproduksi manusia.

Kang DS berharap seluruh jajaran Pemkab Bandung, khususnya Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bandung, serta masyarakat bisa mendukung program ini sebagai upaya dalam membangun SDM (Sumber Daya Manusia) Kabupaten Bandung yang semakin sehat dan berkualitas.

"Saya berharap kegiatan ini disosialisasikan secara masif dan berkelanjutan, sehingga pengetahuan mengenai manajemen kesehatan menstruasi bisa dipahami bersama," harapnya.

Hal ini sebagai salah satu upaya untuk lebih meningkatkan kepedulian bersama dengan berkolaborasi dalam membangun generasi emas masa depan yang sehat dan berkualitas

"Semoga dalam kampanye menghadapi menstruasi untuk anak-anak remaja ini. Ada beberapa hal yang harus kita siapkan diantaranya edukasi," katanya.

Ia pun berharap melalui kampanye bersama dalam rangka menstrual hygiene day itu jangan sampai terjadi pernikahan dini.

"Lebih baik fokus pada tujuan cita-cita ananda semuanya, yang akan menjadi motivasi untuk bekerja dan belajar secara rajin. Ingat bahwa kita harus memiliki niat untuk memberikan penghargaan terbaik kepada orang tua kita dengan cara rajin belajar dan mengikuti aturan-aturan yang sudah ditentukan," pesan Bupati Bandung.(*)

Tombol Google News

Tags:

BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA UNICEF australian ad Menstruasi mentruasi higenis