Verifikasi Data, Pemkab Pacitan Siap Coret Penerima BLT DBHCHT Fiktif

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Muhammad Faizin

21 Juni 2024 09:54 21 Jun 2024 09:54

Thumbnail Verifikasi Data, Pemkab Pacitan Siap Coret Penerima BLT DBHCHT Fiktif Watermark Ketik
Proses verifikasi data saat penyaluran BLT DBHCHT oleh Pemkab Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2024 dinilai rawan munculnya data fiktif. Hal itu mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan, Jawa Timur melakukan verifikasi dan validasi (verval).

"Verval ke lapangan ini penting untuk memastikan bahwa calon penerima BLT benar dan masih aktif bekerja," ujar Kepala Dinas Sosial Sumorohadi kepada Ketik.co.id, Jumat (21/6/2024).

Diketahui, dalam kurun waktu 1 tahun terakhir, data potensial penerima manfaat BLT mengalami peningkatan signifikan. Dibandingkan data tahun lalu, sebanyak 3.712, tahun ini disebut berpotensi bertambah diangka 1000-an lebih.

Sumorohadi menuturkan, verval ini dilakukan berdasarkan data petani dan buruh dari DKPP dan Disdagnaker Pacitan.

Pun saat ini, tim verval tengah mencocokkan data dengan kondisi di lapangan dengan calon penerima manfaat. 

"Ini yang memang memerlukan waktu, untuk memastikan data yang masuk ke dinas adalah sesuai alias riil. Ya kami verifikasi di lapangan, sesuai atau tidak, misalnya buruh petani tembakau dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Hingga kini, pihaknya menyebut belum ada data final. Sebab, dalam hasil verifikasi lapangan sempat ditemukan beberapa data yang tidak sesuai atau fiktif.

“Masih proses dengan DKPP dan Disdagnaker tentang hasil verifikasi lapangan. Karena ada beberapa data yang tidak ditemukan,” ucapnya.

Dia menambahkan, data-data yang tidak sesuai ini akan dicoret dari daftar penerima BLT DBHCHT. Pemkab Pacitan ingin memastikan bahwa bantuan ini benar-benar dinikmati oleh warga yang berhak.

"Kami harus benar-benar memastikan dengan cermat agar bantuan selama 6 bulan ini tepat sasaran," ucapnya.

BLT DBHCHT merupakan program pemerintah untuk membantu meringankan beban buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok. Bantuan ini diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp300 ribu per bulan selama 6 bulan.

Terkait jadwal, sejauh ini Pemkab Pacitan belum dapat menentukan waktu pencarian. "Belum, Insyaallah segera saya informasikan," tandas Kadis Sumorohadi. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan BLT DBHCHT Bantuan Langsung Tunai verifikasi dan validasi