Viral Pria Madiun Cium Banner Caleg Perempuan DPD RI Jatim, Cek Faktanya!

Editor: Naufal Ardiansyah

23 Januari 2024 06:26 23 Jan 2024 06:26

Thumbnail Viral Pria Madiun Cium Banner Caleg Perempuan DPD RI Jatim, Cek Faktanya! Watermark Ketik
Tangkapan layar pria Madiun cium banner caleg perempuan DPD RI Jatim. (Foto: TikTok @me.bgs)

KETIK, MADIUN – Aksi kocak dilakukan seorang warga asal Madiun, Jawa Timur. Pria yang diduga mengalami gangguan jiwa tersebut viral lantaran mencium bannner Calon Legislatif perempuan DPD RI Dapil Jawa Timur.

Aksi tersebut sempat terekam warga dan viral di media sosial. Diupload di akun sosial media, di antaranya akun tiktok @me.bgs, yang pada 19 Januari 2024, bahwa terlihat seorang pria tetiba mencium hidung dan mata foto banner seorang perempuan calon DPD RI Dapil Jawa Timur.

Video berjudul “tulung pak purnomo wong iki atasono aku wes ra kuat” tersebut, dilihat lebih dari 425 ribu, disukai lebih dari 32 ribu akun dan mendapatkan klik pada fitur favorit sebanyak lebih dari 2000.

Video dengan backsound lagu Cinderella Trio Macan tersebut, dalam waktu cepat viral di jagat maya. Bahkan, video tersebut pun menyebar luas di Facebook, Instagram, dan Twitter, di antaranya oleh halaman Facebook Jancok Kata Kata Kota Kita (Paimo dan Tarjo).

Kejadian ini terjadi tepat di Perempatan Bangjo (lampu abang ijo) Pagotan, Kabupaten Madiun.

Dalam waktu singkat, masyarakat Madiun pun dapat mengusut siapa si lelaki tersebut. Melalui sebuah video singkat, tampak si lelaki yang diduga sebagai pelaku video ‘unik’ tersebut menyampaikan jawaban yang kocak.

Sembari melihat hp dan berlagak kocak, pria itu spontan menjawab saat ditanya seorang penjual martabak telur, tentang alasan mencium foto si caleg.

“(foto) caleg.”
Sopo jenenge? (siapa Namanya?)”
Gak ngerti. (tidak tahu).”
Kowe dikongkon opo, piye? (kamu disuruh atau bagaimana?)”
Karepku dewe. Tak embung mergo karepku dewe. (aku cium karena keinginanku sendiri.)”
Cah ayu opo, piye? (karena orangnya cantik atau gimana?)”
Iyo, lah. Cah saiki. (iya, orang jaman sekarang-pasti cantik).”

Siapakah Sosok Caleg DPD RI Jatim Itu?

Usut punya usut, banner calon DPD RI tersebut adalah sosok keponakan Gubernur Khofifah, Dr. Lia Istifhama, yang selama ini dalam pencalonanya sebagai calon senator di Jatim, dikenal sebagai Ning Lia Jilbab Ijo.

Dalam keterangannya, Ning Lia Jilbab Ijo mengaku tidak mengetahui awal mula pembuatan video itu hingga beredar luas.

Justru Kepokanan Khofifah itu mengetahui video tersebut dari teman-temannya, tepatnya dua hari setelah video itu diupload.

"Yang pasti no drama, no campaign, no settingan. Akun yang upload, bukan timses maupun relawan. Dan mungkin akun tersebut belum pernah mengenal saya secara langsung karena tidak menandai akun saya dalam video tersebut," kata Ning Lia.

Tak menampik, ning Lia merasakan dampak positif akibat video viral tersebut. Ia berterima kasih banyak akun yang turut memviralkan aksi kocak tersebut.

“Saya sih mengambil sisi positifnya saja, yaitu ini menguatkan aura politik yang santai, yang ada unsur humor di dalamnya. Ini penting agar masyarakat tidak jenuh atau spaneng melihat kompetisi politik jaman now," tuturnya.

"Secara pribadi, ini tentu sangat membantu agar saya semakin dikenal masyarakat. Semoga juga kelak diterima positif, terutama warga Madiun," imbuhnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

DPD RI Jatim Caleg DPD RI Jatim Caleg DPD RI Lia Istifhama