Yuk Kuliner Gule dan Sate Kepala Ikan Mayung di Pasir Putih Situbondo

Jurnalis: Heru Hartanto
Editor: Marno

12 April 2024 00:05 12 Apr 2024 00:05

Thumbnail Yuk Kuliner Gule dan Sate Kepala Ikan Mayung  di Pasir Putih Situbondo Watermark Ketik
Wisatawan saat menimati gule dan sate kepala ikan mayung di Rumah Makan Orental Purnama Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, Kamis (11/04/2024) (Foto : Heru Hartanto/Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Bila Anda berkunjung ke Situbondo, tak lengkap bila belum menikmati gule dan sate ikan kepala manyung. Menu masakan tersebut bisa Anda dapatkan di Rumah Makan Orental yang terletak di Wisata Bahari Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo.

Rumah makan milik Koperasi Polres Situbondo ini berdiri sejak zaman Koloneal Belanda dan terus berinovasi dengan berbagai masakan berbahan ikan laut segar. Masakan gule dan sate ikan manyung segar ini, merupakan menu khas Rumah Makan Orental Purnama yang banyak diminati para penikmat kuliner dari berbagai daerah di Jawa Timur.

“Masakan gule dan sate Ikan Manyung ini, rasanya nikmat dan tidak kuatir diserang penyakit kolestrol. Sebab, bahan bakunya ikan seger dan proses memasaknya juga menggunakan rempah-rempah secara alami,” kata Damayanti, pengunjung Rumah Makan Orental Purnama asal Surabaya.

Lebih lanjut, Damayanti menjelaskan,  gule dan sate Ikan Manyung yang disajikan di rumah makan ini   rasanya beda dengan masakan di rumah makan lain. Gule dan Sate Ikan Manyung mempunyai ciri khas tersendiri.

“Bumbu rempah gule dan sate ikan Manyung yang diracik atau diuleg dengan tangan bukan menggunakan mesin. Sehingga, ciri khas rempah bumbu gule dan ikan Manyung tersebut meresap dan memunculkan citra rasa dari masakan itu,” jelas Damayanti.

Damayanti mengaku  setiap berkunjung ke Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo bersama keluarga pasti  mampir dan makan gule sate ikan Manyung di rumah makan tersebut. “Terasa kurang pas, apabila saya berlibur di wisata Bahari Pasir Putih Situbondo tidak menikati kuliner gule kepala ikan mayung di rumah makan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Risdiyana pengelola Rumah Makan Orental Purnama Pasir Putih menjelaskan, salah satu ciri khas masakan di rumah makan ini, masakan gule dan sate kepala Ikan Manyung. Walaupun, di rumah makan ini tersedia berbagai macam makan sari laut.

Seperti ikan karapu bumbu rica-rica, udang dan cumi di masak asem manis, ikan bakar, kerang dan makanan sari laut lainnya. “Menu gule dan sate kepala ikan Manyung segar merupakan salah satu masakan favorit yang diburu para penikmat kuliner dari berbagai daerah di Jawa Timur. Bumbu rempah untuk gule dan sate kita uleg dengan tangan agar aroma dari bumbu tersebut mengeluarkan citra rasa yang sebenarnya,” kata Risdiyana.

Risdiyana mengatakan, memasak gule dan sate kepala Ikan Manyung bukan hal yang mudah. Jika salah dalam mengolah masakan gule dan sate kepala Ikan manyung, maka bisa dipastikan citra masakan tersebut akan hambar dan nikmatnya berkurang.

“Untuk harga per porsi gule dan sate kepala ikan manyung plus nasi hanya Rp. 30.000. Harga ini terjangkau dan relatif murah jika dibandingkan dengan rumah makan lain. Sebab, rasa masakan kami tidak kalah dengan restoran bintang lima,” pungkas Risdiyana.

Rumah makan Orental Purnama di kawasan Wisata Bahari Pasir Putih ini buka setiap hari. Rumah makan ini juga menerima pesanan  via WhatsApp 082213402908. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kuliner Gule dan sate Kepala Ikan Mayung Manjakan Lidah Wisatawan Bahari Pasir Putih Situbondo Situbondo Hari Ini