10 Ide Menu Bakaran Tahun Baru Nikmat, Cocok untuk Rame-Rame

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Mustopa

31 Desember 2023 01:57 31 Des 2023 01:57

Thumbnail 10 Ide Menu Bakaran Tahun Baru Nikmat, Cocok untuk Rame-Rame Watermark Ketik
Bakar-bakar saat tahun baru (Foto: istockphoto.com)

KETIK, JAKARTA – Selain menikmati meriahnya pesta kembang api, tahun baru paling cocok dirayakan dengan bakar-bakar makanan bersama keluarga maupun sahabat.

Bagi kamu yang sudah berencana mengadakan bakar-bakar makanan, tapi bingung ingin menyediakan menu bakaran apa saja, berikut ide menu bakaran tahun baru nikmat yang bisa dicoba.

1. Jagung

Jagung sudah menjadi menu yang tidak boleh dilewatkan saat tahun baru. Cemilan satu ini selain murah dan mudah didapatkan, juga bisa dinikmati semua kalangan termasuk anak-anak.

Kamu bisa membuat jagung bakar dengan olesan aneka bumbu yang menggoyang lidah. Seperti bumbu blackpaper, bumbu barbeque, bumbu gurih dari mentega, atau bumbu manis dari selai cokelat.

2. Ikan Bakar

Selain jagung, ikan bakar adalah menu bakaran wajib saat tahun baru. Kamu bisa menggunakan ikan apapun sesuai selera, seperti gurame, ikan kakap, mujair, kerapu, bawal, dan lain-lain.

Agar rasanya semakin bikin nagih, marinasi ikan terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu rempah lalu oles dengan kecap manis saat dibakar. Dijamin bikin nambah porsi dan puas.

3. Marshmellow

Bosan dengan menu jagung dan ikan, kamu bisa bereksperimen menggunakan marshmellow. Tekstur lembut marshmellow dan rasanya yang manis cocok untuk menu bakaran tahun baru, terlebih bagi anak kecil, pasti suka dengan menu satu ini.

Supaya lebih nikmat, kamu bisa menambahkan cokelat atau potongan almond di atas marshmellow. Bisa juga menambahkan topping lain seperti meses dan potongan buah segar.

4. Sosis Bakar

Sosis bakar juga enak dinikmati saat malam tahun baru. Rasanya yang gurih dipadu dengan bumbu olesnya yang nikmat semakin membuat selera makanmu meningkat.

Apalagi jika kamu menggunakan bumbu marinasi yang pas, seperti kombinasi saus tomat, kecap, madu, kecap Inggris, dan merica hitam menciptakan rasa gurih, pedas, manis yang menggoda.

5. Iga Bakar

Kalau ingin menu daging-dagingan, gunakan saja iga bakar. Iga bakar adalah menu favorit banyak orang karena rasanya yang gurih dan enak di lidah.

Pilih daging iga yang berkualitas agar hasilnya sempurna. Sajikan pula bahan-bahan pelengkapnya seperti selada segar, potongan tomat, dan saus barbeque pada hidangan ini.

6. Bakso Bakar

Bakso bakar jadi menu andalan setiap tahun baru. Penyajiannya yang simple dan rasanya yang enak menjadikan menu ini menu favorit, terutama saat berkumpul bersama keluarga besar atau teman-teman.

Kamu bisa membakar bakso bakar ini menggunakan tusuk sate. Jadi mirip seperti sate ayam yang dibakar menggunakan tusuk sate dengan olesan  bumbu khusus supaya rasanya lebih nendang. Sediakan juga saus cocolan, bisa saus sambal, saus tomat, atau saus keju sesuai selera.

7. Cumi Bakar

Ada stok cumi, olah saja menjadi menu bakaran nikmat saat tahun baru. Kamu bisa menyajikannya mirip seperti sate dengan olesan bumbu bakar yang nendang. Menu ini cocok untuk semua kalangan dan nikmat disantap menggunakan nasi hangat.

8. Cilok Bakar

Selain bakso bakar, cilok bakar jadi santapan nikmat saat tahun baru. Cilok memiliki tekstur kenyal dan gurih cocok untuk camilan saat berbincang hangat bersama keluarga maupun sahabat.

Cara menyajikannya tidak jauh beda dengan bakso bakar. Tusuk satu per satu cilok menggunakan tusuk sate, lalu bakar bersama olesan bumbu bakaran sesuai selera.

9. Ayam Bakar

Siapa yang tidak suka dengan ayam bakar? Ayam bakar jadi menu favorit sebagian besar orang di momen apapun, termasuk tahun baru.

Kamu bisa mengolah ayam ini menjadi sate ayam, ayam bakar taliwang, atau ayam bakar pedas sesuai selera. 

10. Roti Bakar

Kalau ingin yang manis-manis, sajikan menu roti bakar dengan berbagai varian topping nikmat. Kamu bisa menggunakan topping mentega dan meses, topping selai, parutan keju, madu, dan susu kental manis.(*)

Tombol Google News

Tags:

ide menu bakaran tahun baru Malam tahun baru Kegiatan malam tahun baru Tahun baru 2024 Ide masakan tahun baru