1.625 Jemaah Calon Haji Kabupaten Malang Diberangkatkan Bupati Sanusi

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

17 Mei 2024 09:25 17 Mei 2024 09:25

Thumbnail 1.625 Jemaah Calon Haji Kabupaten Malang Diberangkatkan Bupati Sanusi Watermark Ketik
Bupati Malang Sanusi ketika memberangkatkan Jemaah Calon Haji Kabupaten Malang. (Foto : Binar Gumilang/Ketik.co.id).

KETIK, MALANG – Sebanyak 1.625 jemaah haji Kabupaten Malang diberangkatkan ke tanah suci, Jumat (17/5/2024). Pemberangkatan dilakukan oleh Bupati Malang Sanusi di Pos Satlantas Polres Malang, Karanglo, Kecamatan Singosari.

Jemaah haji tersebut diberangkatkan secara bertahap, yakni pada pagi hari dan sore hari. Sebelum berangkat ke tanah suci, seluruh jemaah haji Kabupaten Malang terlebih dahulu mampir di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Pada pemberangkatan jemaah haji juga dihadiri Kepala Kemenag Kabupaten Malang Drs H Sahid MM. Bupati Malang Sanusi mengatakan, pemberangkatan jemaah haji sudah tidak dilakukan di halaman Stadion Kanjuruhan. Melainkan diberangkatkan di Pos Satlantas Polres Malang Karanglo.

"Pemberangkatannya kita ubah berkumpul di sini. Para jemaahnya kita lepas dari tol Singosari ini agar lebih nyaman dan tidak mengganggu lalu lintas," ujar Sanusi.

Lebih lanjut ia mengatakan, banyaknya pengantar yang mengiringi keberangkatan jemaah haji maka tempat keberangkatan juga diubah. Diharapkan tidak mengganggu lalu lintas.

"Banyaknya pengantar yang mengiringi maka kita fokuskan di sini seremonial pemberangkatannya. Tapi di masing-masing KBIH bisnya kita kirim ke sana. Jadi bisnya jemput ke titik-titik pemberangkatan dan secara bersama," jelasnya 

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Malang Drs H Sahid MM menjelaskan, usia jemaah haji yang paling tua 93 tahun dan paling muda 19 tahun.

"Antusias Kabupaten Malang terkait haji ini sangat luar biasa. Namun, kuotanya terbatas," ucapnya di tempat yang sama.

Selanjutnya ia mengimbau kepada jemaah agar menjaga kondisi kesehatan masing-masing ketika di Tanah Suci. Terlebih cuaca di Mekkah berbeda dengan Indonesia.

"Selain perlengkapan obat-obatan, kita imbau kepada jemaah agar menbawa sandal, kantong kresek dan perlengkapan lainnya, mengingat cuacanya saat ini panas," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jemaah Calon Haji Kabupaten Malang Bupati Malang Bupati Sanusi