Ada Pertemuan Rahasia dengan Capres di Sela-Sela May Day

Jurnalis: S. Widodo
Editor: M. Rifat

2 Mei 2023 01:44 2 Mei 2023 01:44

Thumbnail Ada Pertemuan Rahasia dengan Capres di Sela-Sela May Day Watermark Ketik
Ribuan buruh melakukan aksi mendatangi Istana Negara, Jakarta, Senin, (1/5/2023). (Foto: KSPI)

KETIK, JAKARTA – May Day tahun ini bukan hanya menjadi ajang tuntutan buruh terhadap isu-isu Ketenagakerjaan, namun juga usung-mengusung calon presiden (capres). Said Iqbal yang mengomandoi Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) memberi sinyal bakal memberi dukungan terhadap Ganjar Pranowo.

Capres yang diusung PDIP dan PPP itu sempat digadang-gadang bakal hadir di May Day yang berlangsung di Istora Senayan pada Senin (1/5/2023) sore. Namun, berhalangan hadir.

"Ada kemungkinan juga ucapan hari buruh internasional dari capres yang sudah diputuskan dalam rakernas Partai Buruh. Ini hasil rakernas ya, belum keputusan Partai Buruh," ungkap Said kepada jurnalis  Senin (1/05/2023).

Siapa sosok bakal capres yang dikabarkan akan hadir dan menemui massa buruh tersebut, Said masih merahasiakannya.

"Terkait dengan capres yang kita dukung adalah pasangan capres-cawapres. Tidak ada urusannya dengan parpol yang mengusung atau mengusulkan pasangan yang kami dukung," sebutnya.

Dia memastikan hanya akan bekerja sama dengan sosok capres dan partai politik yang menolak alias anti Omnibus Law Undang Undang Cipta Kerja.

"Belum ada konfirmasi saya tidak bisa sebut nama nanti dia tersinggung. Hadir tidak hadir tidak penting mereka mau mendekati konstituen buruh ada 24 juta. Kalau mau tunduk ke parpol silakan," jelasnya.

Nyatanya hingga berakhirnya acara, capres tersebut tidak juga hadir. Saat dikonfirmasi, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengungkapkan sosok capres tersebut adalah Ganjar Pranowo. Meskipun batal menghadiri May Day dengan buruh, Ganjar tetap bertemu dengan para pemimpin buruh.

Andi Gani mengungkapkan pertemuan Ganjar dengan Presiden Konfederasi Buruh dan 11 Ketua Umum Federasi dilakukan pukul 15.30 WIB di Kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan. "Betul," ungkap Andi Gani, Senin (1/5/2023).

Ganjar memang didapuk sebagai capres yang paling banyak dipilih saat Rakernas Partai Buruh Januari 2023. Hal ini diungkapkan langsung Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal. Namun menurut Said, ini belum keputusan final masih ada tahapan lanjutan yang harus dilalui Partai Buruh.

"Ada 3 tahap yang sudah disusun, satu di Rakernas, exco pusat, exco provinsi 38 hadir, 457 exco Kabupaten/Kota hadir di Rakernas ada sayap partai hadir di Rakernas. Mereka Januari 2023  sudah selesai keputusan capres-cawapres," kata Said Iqbal saat jumpa pers secara daring, Sabtu lalu (29/3/2024).

Selain Ganjar, ada beberapa sosok lain yang dipilih anggota buruh untuk maju sebagai capres. Salah satunya Said Iqbal sendiri.

"Satu, Ganjar, dua Said Iqbal, tiga Anies Baswedan, empat Najwa Shihab. Ada dua calon alternatif ada Said Iqbal, Najwa Shihab, dua yang memang sudah beredar. Pak Ganjar terbanyak saat Rakernas betul, tapi belum putusan," sebutnya (*)

Tombol Google News

Tags:

Kspi Ganjar Pranawa Said Iqbal