Ainul Ersa Salmi, Winner Miss Hijab Banten 2023 Dorong Pemberdayaan Perempuan

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

24 Desember 2023 04:05 24 Des 2023 04:05

Thumbnail Ainul Ersa Salmi, Winner Miss Hijab Banten 2023 Dorong Pemberdayaan Perempuan Watermark Ketik
Ainul Ersa Salmi, Winner Miss Hijab Banten 2023 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, TANGERANG SELATAN – Winner Miss Hijab Banten 2023 Ainul Ersa Salmi, akrab dengan panggilan Salmi, gadis cantik asal Kabupaten Tangerang, mendorong pemberdayaan kaum perempuan melalui sanggar.

"Saat ini kegiatan yang saya jalankan adalah bidang pemberdayaan perempuan, yang berkolaborasi dengan salah satu sanggar budaya yang ada di daerah tempat tinggal, yaitu Kabupaten Tangerang bernama Sanggar Budaya Saelia," kata Salmi kepada media online nasional Ketik.co.id, Ahad (24/12/2023).

Pemilik akun media sosial Instagram @ersasalmi, memiliki advokasi bernama BAHTERA yang memiliki kepanjangan Banten berkarya Hasilkan Banten Jawara, dilatarbelakangi kurangnya pemanfaatan bahan alam dan kurangnya pelestarian budaya Banten.

"Saya bersama dengan Ibu Lia di Sanggar Budaya Saelia memberdayakan kreatifitas perempuan dengan membuat karya khas Banten yang berasal dari serat alam, beberapa di antaranya yaitu Serat Nanas, Oyong, Eceng Gondok, dan lain-lain," ujarnya menjelaskan.

Menurut Salmi yang hobi bernyanyi, pemberdayaan perempuan di tempatnya, semua adalah anak anak dan juga remaja yang memiliki kreatifitas tinggi. Mereka belajar bagaimana membuat suatu karya dari bahan alam mulai dari menjahit, membatik, menganyam, dan lainnya.

"Alasan memilih advokasi tersebut, karena saya merasa banyak sekali perempuan terutama anak-anak yang kurang memiliki wadah untuk menyalurkan kreatifitas dan juga banyak sekali masyarakat yang menganggap remeh bahan alam," imbuhnya.

Foto Ainul Ersa Salmi, Winner Miss Hijab Banten 2023 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)Ainul Ersa Salmi, Winner Miss Hijab Banten 2023 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

Sedangkan tutur perempuan yang bekerja sebagai Analis Kimia, ternyata bahan alam ini bisa dibuat suatu karya yang luar biasa. Selain itu budaya Banten juga menurutnya masih kurang pelestariannya oleh masyarakat sendiri.

"Tujuan saya ingin membawa adik-adik sanggar untuk memperluas lagi kreatifitas mereka dan bisa mengajarkan tentang kewirausahaan juga lewat karya-karya yang sudah dihasilkan," beber Salmi yang menempuh pendidikan D3 Analis Farmasi dan Makanan Poltekkes Kemenkes Jakarta 2.

Secara khusus, ia berharap untuk milenial terutama perempuan di luar sana, jangan pernah takut untuk berkarya, jangan pernah takut untuk memulai sesuatu, dan jangan pernah takut untuk melakukan perubahan sekecil apapun itu, Karena ia yakin sekecil apapun perubahan baik yang dilakukan, nantinya akan berdampak baik juga bagi sekitar.

"Dan saya juga berharap milenial untuk lebih peka dan melek terhadap tradisi dan juga karya daerah, bukan hanya melek terhadap karya-karya dari luar saja, karena Indonesia memliki karya daerah yang luar biasa jika kita mampu melestarikannya," tutupnya.

Sebagai tambahan informasi, prestasi membanggakan yang telah diraih oleh Salmi, yaitu:
1. Miss Hijab Indonesia Inspiratif 2023
2. Winner Miss Hijab Banten 2023
3. Top 15 Miss Hijab Indonesia
4. Top 15 Speech Miss Hijab Indonesia
5. Top 12 Bakat Miss Hijab Indonesia
6. Top 3 Bakat Miss Hijab Banten
7. Duta Kampus Jurusan Analisis Farmasi dan Makanan 2020

Adapun pengalaman Salmi, yaitu:
1. 2018-2019 sebagai Ketua Ekstrakulikuler Olahraga Hockey Sman 4 Kabupaten Tangerang
2. 2020-2021 sebagai Koordinator Bidang Sosial Masyarakat Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia Wilayah Jakarta Raya-Banten
3. 2020-2021 sebagai Anggota Bidang Advokasi Pusat Informasi Konseling PBM DN Poltekkes Kemenkes Jakarta 2. (*)

Tombol Google News

Tags:

Cantik Ainul Ersa Salmi Winner Miss Hijab Banten 2023 Pemberdayaan perempuan