Antisipasi Bencana Alam, Polres Malang Siapkan Personel dan Peralatan

Jurnalis: Gumilang
Editor: M. Rifat

20 Maret 2024 14:30 20 Mar 2024 14:30

Thumbnail Antisipasi Bencana Alam, Polres Malang Siapkan Personel dan Peralatan Watermark Ketik
Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana ketika meninjau peralatan siaga bencana alam (20/3/2024). (Foto: Humas Polres Malang).

KETIK, MALANG – Polres Malang menggelar pemeriksaan peralatan siaga bencana di halaman Mapolres Malang, Rabu, (20/3/2024). Kegiatan ini merupakan keseriusan Polres Malang dalam mengantisipasi bencana alam akibat cuaca ekstrem.

Apel tersebut dipimpin langsung Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana. Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Polres Malang tersebut meninjau secara langsung peralatan yang disiagakan untuk mengantisipasi bencana.

Beberapa peralatan yang telah disiapkan antara lain puluhan gergaji mesin, arco dorong, sekop, cangkul, sabit, linggis, hingga tali tambang dengan berbagai ukuran. 

Selain itu, perlengkapan perorangan seperti sepatu bot, jas hujan, dan rompi pelampung juga telah disiapkan untuk memaksimalkan efisiensi dalam penanganan bencana.

Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, menegaskan bahwa langkah ini diambil untuk mengantisipasi dampak buruk cuaca ekstrem yang mungkin terjadi.

 "Alat-alat ini sangat diperlukan oleh anggota di lapangan untuk membantu masyarakat, terutama dalam merespons bencana alam," ujarnya melalui keterangan tertulis Humas Polres Malang.

Lebih lanjut ia mengatakan, Polres Malang juga melakukan penambahan sejumlah peralatan baru guna peremajaan peralatan yang sudah ada di seluruh Polsek jajarannya.

"Seluruh peralatan baru ini akan didistribusikan ke tiap-tiap rayon Polsek guna memastikan kecepatan dalam menanggapi bencana," terang Perwira Menengah atau Pamen Kepolisian dengan dua melati di pundaknya tersebut

Menurutnya, Polres Malang juga tetap memantau informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta berkolaborasi dengan Basarnas dan BPBD guna memitigasi penanganan bencana yang mungkin terjadi.

"Melalui persiapan yang matang serta koordinasi yang baik antara instansi terkait, diharapkan Polres Malang siap menghadapi segala kemungkinan bencana dan mampu memberikan bantuan yang diperlukan bagi masyarakat Kabupaten Malang," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Polres Malang Kabupaten Malang bencana alam