Apa Saja Tanda Orang Bakal Sukses? Berikut 5 Ciri-cirinya Menurut Psikolog

Jurnalis: Haganta Ginting
Editor: M. Rifat

13 Juni 2024 18:14 13 Jun 2024 18:14

Thumbnail Apa Saja Tanda Orang Bakal Sukses? Berikut 5 Ciri-cirinya Menurut Psikolog Watermark Ketik
Ilustrasi meraih kesuksesan. (Foto: Freepik)

KETIK, TANGERANG – Kesuksesan adalah hal yang semua orang inginkan, akan tetapi tidak semua orang yang bisa meraihnya. Semua tergantung dari usaha dan kerja keras masing masing.

Akan tetapi, psikologi menemukan beberapa ciri dan perilaku yang sering dikaitkan pada kesuksesan seseorang. Apa saja itu? ini 5 tanda kalo kamu punya potensi sukses menurut psikolog.

1. Memiliki Ketekunan dan Kedisiplinan Diri 

Yang pertama orang sukses itu pasti memiliki Ketekunan dan kedisiplinan diri. Sukses tidak akan datang begitu saja, butuh ketekunan dan disiplin diri buat tetep fokus dengan tujuan jangka panjang meskipun banyak rintangan dan godaan yang sering dihadapi.

Oleh karena itu, orang sukses bisa mengatur waktu mereka dengan efektif, menentukan prioritas, dan tetep berkomitmen dengan rencana yang sudah ditetapkan.

Ketekunan dan kedisiplinan diri tidak semua orang memilikinya, akan tetapi itu bisa dimiliki jika seseorang mau dan terus berusaha untuk meraih kesuksesan.

2. Kemampuan Beradaptasi pada Era yang Terus Berkembang

Selain itu, di era digital yang terus berubah ini orang sukses pasti bisa beradaptasi dengan perubahan itu. Mereka terbuka dengan ide-ide baru, mau belajar hal-hal baru, dan bisa menyusun strategi mereka sesuai kebutuhan, kemampuan beradaptasi.

Hal inilah yang membuat mereka tetap relevan dan terus maju hingga sukses di lingkungan yang terus berkembang, khususnya era digital saat ini.

3. Memiliki Kecerdasan Emosional (EQ)

Selain itu pula, ciri orang sukses menurut psikolog ialah memiliki Kecerdasan emosional, alias kemampuan untuk mengenali, mengerti, dan ngatur emosi diri sendiri dan orang lain.

Hal itu tentu saja penting banget buat orang yang ingin sukses, orang dengan EQ tinggi mampu membangun hubungan yang kuat, komunikasi lancar, dan memotivasi diri sendiri dan orang lain.

4. Memiliki Pola Pikir Bertumbuh (Growth Mindset)

Selain itu pula orang sukses punya pola pikir bertumbuh. Mereka percaya jika kemampuan dan kecerdasan bisa ditingkatkan melalui dedikasi dan kerja keras. Mereka selalu mencari cara untuk belajar dan terus mau berkembang

Oleh karena itu orang sukses pasti memiliki pola pikir bertumbuh yang belum tentu orang lain miliki.

5. Memiliki Ketahanan Mental (Grit)

Biasanya orang sukses memiliki ketahanan mental yang kuat. Mereka nggak gampang menyerah ketika dihadapkan pada tantangan atau kegagalan.

Justru mereka melihat kegagalan sebagai peluang mereka dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran agar bisa terus berusaha mengejar tujuan mereka.

Nah, itulah beberapa tanda potensi kesuksesan seseorang menurut psikolog yang bisa kamu coba lakukan di kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat. (*)

Tombol Google News

Tags:

Tanda Kesuksesan Seseorang Tanda Keberhasilan tips sukses