Icon X Ketik media Siber
Icon X Ketik media Siber

Follow our social media:

Icon tiktok png Icon instagram png Icon facebook png Icon twitter png

Event:

Kanal:

Asia Music Games Digelar di Jember, Diikuti Sembilan Negara

Gambar Asia Music Games Digelar di Jember, Diikuti Sembilan Negara Bupati Jember Hendy Siswanto (kanan) dan Presiden AMBC Sehat Kurniawan Saiman (tengah) saat konferensi pers Asian Music Games 2023, Kamis (21/9/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

Asia Music Games Digelar di Jember, Diikuti Sembilan Negara

KETIK, JEMBER – Perhelatan Asian Music Games (AMG) 2023, kompetisi Marching Band internasional dalam naungan Asian Marching Band Confederation (AMBC) digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kompetisi musik yang bakal diikuti sembilan negara Asia ini akan digelar pada 22-24 September 2023 di GOR PKPSO, Kecamatan Kaliwates. Berbagai kategori yang akan dilombakan mulai individu, duet, hingga grup.

Kabupaten Jember dipilih sebagai tuan rumah gelaran AMG untuk yang pertama kalinya secara tatap muka. Event sebelumnya dilakukan secara daring karena terkendala pandemi Covid. Nantinya, AMG akan digelar selama 2 tahun sekali.

Presiden AMBC, Sehat Kurniawan Saiman mengatakan ada sembilan negara yang ikut serta dalam Asian Music Games ini. Kesembilan negara itu adalah Indonesia, China, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Taiwan.

“Yang konfirmasi hadir ada sembilan negara, dan enam negara sudah hadir di Jember. Sisanya masih perjalanan,” kata Sehat saat konferensi pers pada Kamis (21/9/2023) di Pendopo Wahyawibawagraha.

Dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah setelah dilakukan penawaran secara terbuka di masing-masing negara untuk menentukan host AMG.

“Karena ini event pertama di Asia, kita melakukan bidding tiga negara Malaysia, Thailand, Filipina, dan Indonesia menang sebagai biding yang pertama,” ungkapnya.

Terpilihnya Jember sebagai venue di Indonesia tidak luput dari prestasi marching band Jember yang sudah dikenal di dunia. Tentunya, hal tersebut merupakan kebanggaan bagi Kabupaten Jember.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Jember Hendy Siswanto dalam menyambut tamu-tamu mancanegara untuk berkompetisi di Asian Music Games. Penyelenggara bersama Pemkab Jember sudah mempersiapkan gelaran AMG dari jauh-jauh hari. 

“Di awal kami sudah melakukan grand launching pada awal Mei yang dihadiri beberapa negara peserta dan sudah melihat kondisi Jember,” papar Hendy.

Menurutnya, persiapan AMG sudah cukup matang. Bahkan untuk mengantisipasi perbedaan cuaca di Jember dengan negara tamu, Pemkab mengerahkan tenaga medis dari Dinas Kesehatan dan PMI. 

“Tapi kalau yang parade street ini termasuk bagian dari tantangan peserta,” imbuhnya. 

Gelaran Asian Music Games ini terbuka bagi warga Jember maupun luar daerah untuk melihat secara gratis. Bagi yang tertarik dengan hiburan musik marching band, simak jadwalnya!

22 September 2023 

  • Kategori Concert Band Wind Ensemble & Percussion Ensemble di GOR PKPSO mulai pukul 08.00-11.00 WIB. 
  • Kategori Music Battle (Qualification) - Wind, Drumline, Color Guard di Alun-alun Jember mulai pukul 13.00 - 17.30 WIB.
  • Kategori Marching Field Show (Qualification) Color Guard Ensemble di GOR PKPSO pukul 19.00 - 20.30 WIB.

23 September 2023

  • International Culture Street Parade di Alun-alun Jember pukul 20.00 WIB.

24 September 2023

  • Final Asian Music Games 2023 and Awarding & Closing Ceremony di GOR PKPSO Kaliwates mulai pukul 08.00 WIB.(*)