Ayo Kawin Gelar! Tim Basket Putra-Putri Jatim Kompak Lolos Final PON 2024

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

9 September 2024 08:45 9 Sep 2024 08:45

Thumbnail Ayo Kawin Gelar! Tim Basket Putra-Putri Jatim Kompak Lolos Final PON 2024 Watermark Ketik
Tim basket putra lolos ke final setelah menang 68-54 atas Sulawesi Utara di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu, 8 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, BANDA ACEH – Tim basket putra dan putri Jatim memastikan melaju ke final Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara. Di babak final, keduanya akan menghadapi DKI Jakarta. Partai puncak berlangsung Selasa, 10 September 2024.

Di semifinal tim putri menang 56-47 atas Jawa Tengah. Sedangkan, tim putra lolos ke final setelah menang 68-54 atas Sulawesi Utara di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu, 8 September 2024.

Dalam laga ini, tim putra Jatim tampil percaya diri pascakekalahan telak di laga sebelumnya melawan DKI Jakarta pada partai terakhir fase grup. Pertandingan berjalan cukup sengit karena kedua tim bermain dengan tempo cepat.

Daffa Dhoifullah bermain percaya diri menembus pertahanan lawan yang rapat di bawah ring. Jatim unggul 19-11 di kuarter pertama.

Di dua kuarter selanjutnya, kedua tim bermain seimbang. Saling kejar angka pun terus terjadi sehingga di kuarter dua dan tiga kedua tim memperoleh skor yang sama. Jatim pun masih unggul 49-41.

Foto Tim putri berhasil menang 56-47 atas Jawa Tengah dan memastikan lolos final, Minggu, 8 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Tim putri berhasil menang 56-47 atas Jawa Tengah dan memastikan lolos final, Minggu, 8 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

Di kuarter pamungkas, Jatim tak goyah meski Sulut terus menempel ketat perolehan angka. Daniel William Salamena dan Daffa Dhoifullah semakin panas dengan keberanian melakukan drive cepat menembus pertahanan lawan. Jatim pun menutup pertandingan dengan kemenangan 68-54. 

Menyambut hasil tersebut, Pelatih Basket Putra Jatim Aries Herman mengaku strategi yang dijalankan di laga ini tepat.

"Memang hari ini sesuai strategi kami, tadi malam (lawan DKI Jakarta) gak seberapa ngotot agar hari ini fresh. Jadi kekalahan semalam tidak menjatuhkan mental bahwa semalam kami siap kalah siap menang. Memang kami buat mereka bermain biasa saja karena mempersiapkan tenaga untuk semifinal. Buat apa ngotot menang kalau hari ini kecapekan. Jadi kuncinya hari ini untuk menentukan langkah ke final," ungkap Aries. 

Aries meminta anak asuhnya meningkatkan kepercayaan diri jelang final. Ia meminta paa pemain fokus dan tidak meremehkan DKI Jakarta.

"Semoga dengan rest satu hari bisa fight dan balas dendam. Semoga anak-anak lebih enjoy dan main biasa tidak tegang," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Tim Basket Jatim Jawa timur Koni Jatim PON2024 PON XXI 2024 Aceh-Sumut