Baikkah Olahraga Tanpa Alas Kaki?

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

8 Januari 2023 03:02 8 Jan 2023 03:02

Thumbnail Baikkah Olahraga Tanpa Alas Kaki? Watermark Ketik
Lari tanpa alas kaki. (Foto: Istimewa)

KETIK, SURABAYA – Lari tergolong olahraga yang murah. Masalahnya bila kita lari atau olahraga di tempat (senam, senam terapi dan lain lain). Adakah manfaat lari tanpa menggunakan alas kaki?

Berdasarkan Tim Medis Klikdokter (dr Alvin Nursalim SpPD), berikut ini ringkasannya. Lari tanpa alas kaki disinyalir lebih sehat daripada menggunakan sepatu. Benar demikian? Ayo jangan buru-buru penasaran. Cek dulu medisnya di sini.

Lari atau senam tanpa alas kaki, selain murah dan mudah dilakukan. Lari adalah olahraga yang sangat baik bagi kesehatan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa lari, khususnya jogging mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat ini konon bisa lebih optimal jika kamu berolahraga jogging tanpa alas kaki.

Tidak sedikit orang yang senang berlari tanpa menggunakan alas kaki. Hal ini karena banyak yang beranggapan, lari tanpa sepatu terasa lebih nyaman dan membuat kaki bergerak lebih leluasa.

Selain itu, ada anggapan manfaat lari tanpa alas kaki bisa meminimalkan risiko mengalami cedera. Benarkah?

Anggapan tersebut ternyata tidak jauh berbeda dengan yang dikatakan sebagian pakar kesehatan. Beberapa penelitian menyebutkan lari tanpa menggunakan alas kaki bisa mendatangkan manfaat, seperti:

Memperkuat Otot Kaki

Manfaat lari tanpa sepatu dapat memperkuat otot, tendon, dan ligamen kaki. Tidak hanya itu, lari tanpa alas kaki juga mempertajam sensitivitas saraf, sensorik dan motorik di bagian kaki. Soalnya, kaki melakukan kontak langsung dengan permukaan tanah.

Memperlancar Aliran Darah

Apakah kamu pernah kram kaki akibat duduk terlalu lama? Jika ya, lari tanpa alas kaki mungkin bisa jadi solusinya.

Kontak kaki dengan permukaan secara langsung dapat membuat aliran darah lebih lancar dan mengurangi risiko kram.

Mendukung Keseimbangan Tubuh

Sensasi bersentuhan dengan permukaan tanah yang dirasakan langsung oleh kaki membuat tubuh bergerak dengan lebih optimal.

Manfaat ini pada gilirannya mendukung keseimbangan tubuh menjadi lebih baik.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat jogging tanpa alas kaki bisa meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Sebab, aktivitas ini membuat fungsi sel darah putih dan merah menjadi lebih optimal.

Peningkatan fungsi sel darah putih dan merah bisa bikin daya tahan tubuh kamu jadi lebih baik.

Waspadai Risikonya

Meskipun memiliki sejumlah manfaat, lari tanpa alas kaki juga ada kekurangannya. Antara lain: cedera, nyeri otot, berisiko mengalami luka, kapalan.(*)

 

 

 

 

 

 

 

 

Tombol Google News

Tags:

Lari tanpa alas kaki jogging