Baking Soda Bisa Turunkan Berat Badan, Patuhi Takarannya

Jurnalis: Arief
Editor: Marno

2 Juni 2023 18:55 2 Jun 2023 18:55

Thumbnail Baking Soda Bisa Turunkan Berat Badan, Patuhi Takarannya Watermark Ketik
Baking soda bersifat menahan lapar lebih lama. (Foto: Unsplash)

KETIK, JAKARTA – Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Salah satunya menjaga pola makan dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur. Ditambah lagi dengan berolahraga rutin serta mengatur jam tidur.

Baru-baru ini ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi baking soda atau soda kue untuk diet sehat. Ahli nutrisi mengumumkan soda kue dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

“Soda kue bisa mengurangi kelelahan selama latihan intensitas tinggi dan bisa menjadi stimulan untuk membantu periode latihan intensitas tinggi,” bunyi pernyataan seorang ahli dikutip dari express, Sabtu (3/6/2023).

Kemampuan soda kue adalah mengurangi ion hydrogen yang dihasilkan dari metabolisme anaerobik. Mengonsumsi soda kue juga bisa meningkatkan latihan dan berolahraga dalam jangka waktu yang lebih lama.

Kandungan sodium bikarbonat diketahui membantu meningkatkan pemulihan setelah olahraga. Kandungan itu bisa mengurangi keasaman pada otot untuk meningkatkan performa saat berolahraga berat seperti angkat beban, jogging, berenang atau bersepeda.

Muncul pertanyaan, bagaimana dengan takaran ideal mengonsumsi soda kue untuk diet? Mengonsumsi soda kue tidak boleh sembarangan. Dosis paling efektif adalah 0,3 gram per kg yang diminum 60–180 menit sebelum berolahraga.

Soda kue juga bisa dikonsumsi dengan cuka apel atau jus lemon. Ada dua teori yang disarankan ahli. Pertama melarutkan baking soda dengan air, kedua bisa mencampurkan langsung baking soda dengan cuka apel atau jus lemon dengan air.

Anda bisa melarutkan ½ sendok teh baking soda ke dalam 240-480 ml air kemudian diminum saat perut kosong. Anjuran lain dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda ditambah dua sendok makan cuka apel dan jus lemon.

Sebetulnya sifat dari baking soda bisa menahan rasa lapar bila dilarutkan dengan air. Cairan baking soda mendukung peningkatan metabolisme dan meningkatkan penurunan lemak.(*)

Tombol Google News

Tags:

baking soda diet kesehatan jogging Olahraga berat badan