Icon X Ketik media Siber
Icon X Ketik media Siber

Follow our social media:

Icon tiktok png Icon instagram png Icon facebook png Icon twitter png

Event:

Kanal:

Cabor Berkuda Sumbang Dua Medali untuk Kabupaten Probolinggo

Gambar Cabor Berkuda Sumbang Dua Medali untuk Kabupaten Probolinggo Atlet berkuda peraih emas Syabila Putri Romadhoni dan M Ilyas Zaimar usai menerima medali Rabu (6/9/2023)/Foto: Tunjung Mulyono/Ketik.co.id

Cabor Berkuda Sumbang Dua Medali untuk Kabupaten Probolinggo

KETIK, PROBOLINGGO – Kontingen Kabupaten Probolinggo berhasil menambah pundi-pundi medalinya pada ajang Porprov VIII 2023. Raihan medali itu disumbangkan oleh Syabila Putra Romadhoni dan M. Ilyas Zaimar dari cabang olahraga (cabor) berkuda. 

Dalam pertandingan yang digelar di kawasan wisata desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, keduanya berhasil meraih 1 medali emas dan 1 medali perunggu dari 2 nomor berbeda.

Syabila berhasil menyabet medali emas di nomor double shoot putri. Sedangkan perunggu diraih M. Ilyas didapat dari nomor double shoot putra.

Pelatih Pordasi Kabupaten Probolinggo Yusri Asher mengungkapkan, keberhasilan kedua atletnya meraih medali itu tak terlepas dari latihan keras yang dijalani oleh kedua atlet itu selama beberapa bulan terakhir.

Bahkan untuk menjaga kualitasnya, kedua atlet itu sempat diikutkan dalam sejumlah kejuaraan regional maupun nasional. 

"Raihan medali di ajang kejurnas kemarin merupakan bekal yang baik untuk atlet kami, karena itu kami cukup optimistis bertanding diajang Porprov ini. Hasilnya pun tidak mengecewakan, satu medali emas dan satu perunggu itu jadi buktinya," ungkap Yusri, Rabu (6/9/2023). 

Yusri menyebut kedua atlet itu akan dijadikan pilot project dalam pembinaan olahraga berkuda di Kabupaten Probolinggo. Terlebih olahraga berkuda yang selama ini dipandang sebelah mata ternyata mampu membuat kejutan dengan menyumbangkan medali

"Sebagai cabor kami memang sempat vakum dan terbentuk kembali pada tahun ini. Alhamdulillah ini bukti kalau kami serius dalam pembinaan Olahraga prestasi ini," sebutnya. 

Ketua KONI Kabupaten Probolinggo Zainul Hasan menyampaikan rasa syukurnya atas raihan dua medali dari cabor berkuda. Menurutnya itu sangat penting bagi pemenuhan target klasemen Kabupaten Probolinggo diajang Porprov.

"Syukur Alhamdulillah prestasi ini sangat di luar dugaan. Apalagi ini tergolong cabor yang baru terbentuk. Namun ternyata nyata prestasinya," katanya. 

Ia pun menambahkan, raihan dua medali ini bisa jadi bukan yang terakhir. Karena cabor berkuda masih akan mempertandingkan sejumlah nomor lainnya.

"Target kami awalnya hanya 2 medali perak di cabor berkuda ini. Namun ternyata hasilnya melampaui target. Namun kami tak ingin berpuas diri, karena besok masih ada pertandingan lainnya," katanya. 

Dengan hasil 1 medali emas, dan 1 perunggu ini, Kabupaten Probolinggo telah mengkoleksi sebanyak 1 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu. Dengan Raihan itu menempatkan Kabupaten Probolinggo di papan tengah klasemen sementara Porprov Jatim VIII 2023.(*)