Cuaca Buruk, Nelayan di Situbondo Tambatkan Perahu

Jurnalis: Abdul Hakim
Editor: Heru Hartanto

13 Maret 2024 14:09 13 Mar 2024 14:09

Thumbnail Cuaca Buruk, Nelayan di Situbondo Tambatkan Perahu Watermark Ketik
Perahu Nelayan Pesisir Kilensari, di tambatkan di sekitar pelabuhan lama Panarukan, Situbondo

KETIK, SITUBONDO – Akibat cuaca buruk nelayan yang bermukim di Dusun Pesisir, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo memilih menambatkan perahunya daripada melaut, Rabu (13/03/2024).

"Dalam waktu sepekan ini, cuaca di tengah laut buruk, saya juga ngga bisa memastikan sampai kapan cuaca ini membaik,” ujar Sunoto salah satu nelayan Dusun Pesisir, Desa Kilensari saat memperbaiki perahunya.

Untuk mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari selama tidak melaut, sambung Sunoto, pihaknya bekerja mencari kerang dipinggir laut saat air surut. “Sambil menunggu cuaca membaik saya mencari kerang,” jelasnya.

Bukan hanya nelayan Pesisir Desa Kilensari yang menambatkan perahunya, tapi nelayan Dusun Gumuk, Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo juga memilih menambatkan perahunya ketimbang melaut.

“Saya tidak berani melaut karena cuaca buruk. Jika cuaca seperti ini tidak ada satu pun nelayan yang berani melaut. Saya bersama teman lainnya memilih memperbaiki alat tangkap ikan sambil menunggu cuaca kembali normal,” kata Pak Novi, nelayan asal Dusun Gumuk, Desa Gelung.

Hal senada juga disampaikan Mito, salah seorang nelayan di sekitar Pelabuhan Kalbut, Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo. “Cuaca buruk membuat para nelayan yang ada di sekitar Pelabuhan Kalbut tidak berani mencari ikan ke tengah laut,” tutur Mito. (*)

Tags:

cuaca buruk Nelayan situbondo Tambatkan Perahu