Dendangkan 15 Lagu, Rhoma Irama dan Soneta Semarakkan Batulicin Festival!

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: M. Rifat

1 Januari 2023 14:45 1 Jan 2023 14:45

Thumbnail Dendangkan 15 Lagu, Rhoma Irama dan Soneta Semarakkan Batulicin Festival! Watermark Ketik
Rhoma Irama saat tampil di Batulicin Festival 2022 (30/12). (Foto: IG Rhoma Official)

KETIK, TANAH BUMBU – Raja dangdut Rhoma Irama tak terlihat di stasiun TV pada pergantian Tahun 2022 ke 2023 Sabtu malam (31/12). Baik di Indosiar, MNCTV, Trans, maupun SCTV. Kemana Raja Dangdut yang biasanya selalu hadir di pesta tahun baru di televisi itu?

Ternyata Rhoma dan Soneta memilih konser di Batulicin, Kalimantan Selatan. Karena terlanjur dikontrak untuk konser 30 Desember 2022 di Kalsel itu, maka Rhoma tidak bersedia tampil di stasiun tv karena jarak hari yang terlalu dekat.

Usai konser Jumat 30 Desember, pada Sabtu 31 Desember 2022 Rhoma dan Soneta perjalanan kembali dari Batulicin ke Banjarmasin dan Jakarta.

Konser Rhoma dan Soneta di arena Batulicin Festival 2022 dibuka dengan lagu 'Menunggu'. Itu adalah salah satu lagu hits milik Rhoma yang disukai di Kalsel. Lagu ini juga termasuk request langsung Haji Isyam, sang sultan yang merupakan pengundang konser ini. Haji Isyam bahkan rela mencarter pesawat Jet pribadi Jakarta - Batulicin untuk Rhoma Irama.

Lagu 'Apa Kabar' jadi yang kedua didendangkan. Di lagu itu Rhoma duet dengan back vocal Femina yakni Dewi, Fuji, dan Aida. Lagu ketiga yang didendangkan adalah 'Malam Minggu'. Liriknya sengaja diubah menjadi Malam Sabtu oleh Rhoma untuk membuat konser makin heboh.

Begitu besarnya antusis penonton yang lebih 10.000 orang saat itu. Rhoma lantas langsung tanpa istirahat membawakan lagu 'Viva Dangdut' dan 'Gala Gala'. Dia lantas lanjut dengan memberi pesan untuk anak muda lewat lagu 'Darah Muda'.

Foto Suasana penonton Batulicin Festival 2022. (Foto: IG Rhoma Official)Suasana penonton Batulicin Festival 2022. (Foto: IG Rhoma Official)

Pesan merekat persatuan antar anak bangsa di seluruh Indonesia tak ketinggalan dengan lagu '175 Juta'. Inilah lagu yang tercipta pada 1982. Setiap 10 tahun, judulnya diganti sesuai jumlah penduduk Indonesia.

Jelang Pemilu 2024, Rhoma juga berpesan agar jangan mudah diadu domba lewat lagunya 'Adu Domba'. Lagu yang begitu rancak tersebut membuat puluhan ribu penonton ikut bernyanyi.

Usai itu, Rhoma juga mengajak penonton yang berjibun di panggir Pantai Batulin untuk menyampaikan pesan menghormati ibu lewat lagu 'Keramat'. Lagu kesepuluh kembali sukses mengajak Forsa Kalsel bergoyang lewat 'Kata Pujangga'. Total Rhoma membawakan 15 lagu pada konser Rhoma dan Soneta di Batulicin Festival 2022 tersebut.

Usai konser pada Jumat malam tersebut, Rhoma dan Soneta kembali ke Jakarta pada Sabtu pagi. Rombongan berjumlah 23 personil dibagi dua. Rombongan pertama dari Batulicin ke Banjarmasin adalah para pemain Soneta dan operator sound dan media.

Sedangkan rombongan kedua adalah Rhoma bersama ajudan Ismail dan tiga back vocal Soneta Femina yakni Aida, Dewi, dan Fuji menuju Jakarta naik pesawat jet pribadi milik H Isyam.

Foto Rhoma Irama sesaat sebelum meninggalkan Batulicin. (Foto: instagram)Rhoma Irama sesaat sebelum meninggalkan Batulicin. (Foto: instagram)

Sebelumnya, pada Kamis sore, Rhoma tiba di Batulicin pantai Selatan Kalimantan Timur menggunakan jet pribadi tersebut. Di kota yang masuk Kabupaten Tanah Bumbu inilah Rhoma dan Soneta konser atas udangan Haji Isyam, pengusaha batu bara besar di Kalsel.

Rhoma bersama 3 Femina (Fuji, Aida dan Dewi) dan Ismail Tara ajudan Rhoma. Mereka naik pesawat jet kecil dari Soekarno Hatta. Begitu tiba di Bandara Batulicin Rhoma disambut langsung oleh Haji Isyam dan panitia.

Menurut rencana, Rhoma dan Soneta selanjutnya akan kembali tampil di Indosiar pada perayaan Ultah Indosiar Luar Biasa pada 11 Januari 2023. Di Konser ini Rhoma diminta untuk membawakan lagu pop Korea cipataan BTS. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rhoma Irama Soneta Batulicin Festival