Dosen UIR Raih Gelar Doktor di UMY Tanpa Proses Promosi

Jurnalis: Reno Diqqi Alghzali
Editor: Mustopa

30 Mei 2024 06:36 30 Mei 2024 06:36

Thumbnail Dosen UIR Raih Gelar Doktor di UMY Tanpa Proses Promosi Watermark Ketik
Dr. Ahmad Hidayat, M.Psi Psikolog berswafoto dengan tim dewan penguji (Foto: Fajar For Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Dosen Universitas Islam Riau (UIR), Dr. Ahmad Hidayat, M.Psi Psikolog berhasil meraih gelar doktor tanpa melalui proses promosi di Program Pascasarjana (PPS) S3 Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Pencapaian ini menjadikan Dr. Ahmad Hidayat, M.Psi Psikolog sebagai orang pertama di Indonesia yang berhasil meraih gelar doktor tanpa proses promosi.

Dosen yang telah mengabdikan dirinya selama 20 tahun lebih di bidang psikologi, berhasil mempertahankan disertasinya dengan sangat baik di hadapan tim penguji Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Para penguji terdiri dari Mohammad Syifa Amin Widigdo, Ph.D, Prof. Dr. Muhammad Azhar, M.Ag, Dr. Muhammad Anis, M.A, Dr. Halim Purnomo, M.Pd.I, Prof. Dr. Akif. Khilmiyah, M.Ag, Prof. Dr. Muhammad Chirzin, M.Ag dan Dr Fuad Nashori, Psikolog.

Disertasi Dr. Ahmad Hidayat berjudul "Sabar Sebuah Konsep Psikologi Islam (Studi Empiris Pada Orang Tua Anak Autis)" telah memberikan kontribusi signifikan dalam memperkaya wawasan akademik di bidang tersebut.

Foto Ujian Tertutup Dr. Ahmad Hidayat, M.Psi.,Psikolog sekaligus ujian terbuka (Foto: Fajar for ketik.co.id)Ujian Tertutup Dr. Ahmad Hidayat, M.Psi.,Psikolog sekaligus ujian terbuka (Foto: Fajar for ketik.co.id)

Namun yang membuat pencapaian ini begitu luar biasa adalah fakta bahwa Dr. Ahmad Hidayat berhasil meraih gelar doktor tanpa melalui proses promosi doktor di PSD S3 Psikologi Pendidikan Islam UMY seperti yang umumnya dilakukan oleh calon doktor.

Biasanya, calon doktor diwajibkan untuk menjalani serangkaian tahapan promosi doktor yang meliputi pengajuan proposal penelitian, presentasi di depan forum ilmiah, serta menghadapi sidang disertasi yang ketat.

Tetapi Dr. Ahmad Hidayat, M.Psi Psikolog berhasil melewati semua tahapan tersebut dengan hasil penelitian dan karya ilmiahnya yang begitu mengesankan.

Kredibilitas dan keahliannya di bidang psikologi pendidikan Islam tidak lagi diragukan, dan prestasi luar biasanya ini menjadi inspirasi bagi para akademisi dan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Rektor UIR, Prof. Dr. H. Syafrinaldi SH., MCL, mengapresiasi pencapaian Dr. Ahmad Hidayat, M.Psi Psikolog yang mengukir sejarah baru di dunia pendidikan.

"Pencapaian ini menunjukkan bahwa keberhasilan akademik tidak selalu harus mengikuti pola yang konvensional. Dr. Ahmad Hidayat, M.Psi Psikolog telah membuktikan bahwa ketekunan, kecerdasan, dan dedikasi yang kuat dapat membawa seseorang meraih gelar doktor dengan cara yang unik," ujar Syafrinaldi .

Sementara itu, Dr. Ahmad Hidayat, M.Psi Psikolog berbagi rasa syukurnya atas pencapaian ini kepada keluarga, rekan dosen, dan pihak-pihak yang telah memberikan dukungan selama proses penelitian.

Ia berharap prestasinya dapat memotivasi dan menginspirasi generasi muda untuk terus berusaha meraih prestasi akademik yang tinggi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ujian Doktor S3 PPI UMY UMY Pascasarjana UMY Disertasi doktor