DPRD Surabaya Apresiasi 2 Siswi Ciptakan Alat Detektor Kebakaran

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

12 Februari 2024 12:34 12 Feb 2024 12:34

Thumbnail DPRD Surabaya Apresiasi 2 Siswi Ciptakan Alat Detektor Kebakaran Watermark Ketik
Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – DPRD Surabaya mengapresiasi dua siswi SMP Negeri 52 Surabaya yaitu Vanesa Dewi Sararaswati dan Adita Zahra Putri Purwana, yang berhasil menciptakan detektor kebakaran akibat kebocoran LPG.

Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony mengungkapkan dirinya senang melihat prestasi dua anak tersebut. Ini menunjukkan bahwa anak Surabaya inovatif dan solutif.

"Ini membuktikan bahwa anak-anak Surabaya tidak hanya punya potensi besar tetapi juga dapat menjadi harapan untuk menjawab persoalan masyarakat," ungkapnya ditulis pads Senin, (12/2/2024).

Menurut Thony, alat canggih tersebut tidak diciptakan oleh profesor, tetapi siswa SMP. Maka dari itu Thony berharap dengan adanya inovasi tersebut, dapat menjadi inspirasi bagi siswa dan siswi lainnya di Surabaya untuk mengeksplorasi bakatnya.

"Ilmu tanpa implementasi ibarat pohon tanpa buah, sia-sia. Nah anak SMP ini ibarat pohon baru ditanam belum besar, tetapi sudah berbuah," papar politisi Gerindra ini.

Menurutnya, inovasi ini adalah menjadi solusi untuk mencegah kebakaran di Kota Pahlawan, terlebih harga untuk pembuatan terbilang cukup terjangkau.

"Sangat solutif karena masih banyak kita dengar kebakaran akibat kebocoran elpiji di Surabaya, apalagi harga alatnya murah," jelasnya.

Maka dari itu, Wakil Ketua DPRD Surabaya ini meminta agar Pemkot Surabaya memberikan pendampingan untuk dua pelajar SMP tersebut untuk memperolah Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

"Kami meminta kepada pemerintah untuk memberikan pendampingan bahwa semangat itu perlu difasilitasi untuk mendapatkan HAKI," jelasnya.

Dukungan ini mutlak diperlukan menurut Thony, karena sejalan dengan tekad Pemkot Surabaya untuk menghargai karya anak bangsa.

"Ini juga sejalan dengan misi pemerintah, yakni menuju Indonesia Emas 2045, lewat generasi yang muda berbakat untuk dukungan pemerintah," terangnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

DPRD Surabaya SMPN 52 Surabaya AH Thony Wakil Ketua DPRD Surabaya detektor kebakar siswi SMP Surabaya
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1