Gelar OSMB, Universitas Terbuka Surabaya Beri Bekal Mahasiswa untuk Raih Kesuksesan Studi

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Mustopa

25 Februari 2024 13:40 25 Feb 2024 13:40

Thumbnail Gelar OSMB, Universitas Terbuka Surabaya Beri Bekal Mahasiswa untuk Raih Kesuksesan Studi Watermark Ketik
Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) UT Surabaya di Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya (Foto: dok. UT Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Universitas Terbuka (UT) Surabaya menggelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) tahap 1 di semester genap 2023/2024 di Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya, Sabtu (24/2/2024).

Orientasi  yang bertajuk “Gapai Sejuta Asa Bersama Universitas Terbuka Surabaya” ini bertujuan untuk mempersiapkan dan memberi pembekalan kepada mahasiswa baru agar siap melakukan pembelajaran mandiri dalam lingkungan pembelajaran jarak jauh.

Acara ini merupakan pembekalan penting kepada mahasiswa baru (maba) karena mereka akan dikenalkan sistem pembelajaran online yang diterapkan UT. Selain itu, mahasiswa mendapatkan informasi lengkap mengenai sistem pembelajaran, layanan akademik hingga kemahasiswaan.

“Selamat datang para mahasiswa baru. Saya menekankan pentingnya mengikuti OSMB ini untuk mendapatkan bekal optimal dalam menjalani perkuliahan di UT,” ujar Dr.Suparti, M.Pd, Direktur UT Surabaya, Sabtu (24/2/2024).

Pembekalan ini diikuti sekitar 446 mahasiswa secara offline dan 1.500-an mahasiswa secara online dengan total keseluruhan kurang lebih 2.139 mahasiswa baru dari berbagai fakultas.

Ada dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 35 maba, Fakultas Sains dan Teknologi 33 maba, Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik165 maba, dan Fakultas Ekonomi Bisnis 213 maba.

Dalam acara ini, terdapat serangkaian materi yang diberikan kepada mahasiswa. Materi pertama tentang pengenalan UT dan ruang lingkup LPKBJJ yang disampaikan langsung Direktur UT.

Materi kedua terkait Registrasi dan Sumber Belajar oleh Manager Marketing UT, Dwianto Asmara, S.Kom. Ketiga terkait Pembelajaran dan Ujian oleh Dr. Pismia Sylvi, S.Si.M.Si, dilanjutkan materi Merdeka Belajar Kampus Merdeka oleh Sucipto, S.Pd, M.Si selaku kemahasiswaan UT Surabaya.

Dalam materinya, Sucipto mengatakan mahasiswa UT sudah menorehkan banyak prestasi dari berbagai kompetisi.

Misalnya juara Essay tentang Investasi yang diselenggarakan UNS tahun 2022-2023 berhasil diraih Dimas Aditya Pratama, mahasiswa UT Prodi Managemen semester 8. Ada pula prestasi lainnya seperti MTQ, lomba desain, olahraga, dan sebagainya.

Materi selanjutnya adalah motivasi yang disampaikan oleh Umi Dayati, M.Pd. Ia menyebut 85%  kunci keberhasilan adalah kuatnya mental.

“Mahasiswa UT jangan sampai jadi ‘Generasi Strawberry’ yang rentan, cengeng, dan tidak tahan banting. Tetapi jadilah generasi mandiri yang tidak mudah menyerah jika menghadapi tantangan dan ujian,” tutur Umi Dayati dihadapan ribuan mahasiswa.

Dengan segala kemudahan yang diberikan, direktur UT Surabaya  mengungkap saat ini tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa kuliah, karena UT sudah memberikan semua fasilitas.

“Tidak ada alasan untuk tidak bisa belajar atau kuliah di mana saja dan kapan saja. Sebab UT sudah memberikan semua fasilitas baik dengan Buku Materi Pokok/Modul, Bahan Ajar Digital, dan Ruang Baca Virtual yang bisa diunduh melalui smartphone maupun laptop,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Universitas Terbuka Surabaya UT Surabaya OSMB UT Surabaya Mahasiswa baru UT Surabaya