GenBI Jember Peduli Lingkungan, Ajak Masyarakat Desa Jenggawah Sulap Limbah Organik

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

25 Juli 2023 10:30 25 Jul 2023 10:30

Thumbnail GenBI Jember Peduli Lingkungan, Ajak Masyarakat Desa Jenggawah Sulap Limbah Organik Watermark Ketik
GenBI Jember mendampingi masyarakat mengolah limbah organik menjadi pupuk kompos. (25/7/2023). (Foto: GenBI Jember)

KETIK, JEMBER – Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu perhatian dari program kerja dari Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember. Salah satunya adalah edukasi lingkungan dalam mengelola limbah dapur.

Mahasiswa yang tergabung GenBI memberikan pemahaman kepada masyarakat desa mengenai pentingnya mengolah limbah menjadi pupuk organik yang ramah lingkungan.

Di samping banyak manfaat yang didapatkan, juga menghindari kerugian akibat sampah yang ditumpuk begitu saja, seperti ledakan gas metana.

Adapun GenBI Jember Peduli Lingkungan yang bertajuk Village Leader I “Manure Recycle with GenBI” yang digelar di Balai Desa Jenggawah, Kecamatan Jenggawah, Jember, (25/7/2023).

Ketua umum GenBI Jember, Reza Maulana menyampaikan kegiatan tersebut berfokus pada pembinaan desa.

“Target kegiatan kali ini adalah karang taruna, mahasiswa KKN di Desa Jenggawah dan beberapa ibu PKK dari tiga Dusun, yakni Dusun Gayasan A, Gayasan B dan Krajan,” jelasnya.

Selaras dengan tema yang diusung, yakni recycle, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kompos merupakan bahan- bahan yang sudah tidak digunakan. 

“Seperti, kotoran hewan, limbah organik, dan dedaunan kering. Selain itu, bahan yang digunakan adalah EM4 dan tetes tebu sebagai media pendukung pembuatan pupuk kompos,” imbuh Reza.

Menurutnya, mengolah limbah menjadi pupuk kompos memiliki banyak manfaat bagi masyarakat yang mayoritas sebagai petani.

“Salah satunya dapat menekan biaya dari penggunaan pupuk kimia yang juga merusak alam, juga mengurangi limbah atau sampah,” ujar Reza.

Sebelum mengolah limbah organik, peserta dibekali ilmu terlebih dahulu melalui sharing session mengenai pengolahan limbah organik menjadi kompos yang dipandu oleh anggota GenBI Jember. 

Melalui sharing session diharapkan peserta dapat menyerap dan mengimplementasikan ilmu yang telah diberikan, dan mempraktekkan langsung mengolah limbah dengan pendampingan anggota GenBI Jember.

Sementara, Kepala Desa Jenggawah, Supardi, menyambut baik kedatangan mahasiswa GenBI untuk memberikan edukasi pengolahan limbah bagi masyarakat desa.

“Saya ucapkan terimakasih atas diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan kegiatan village leader ini dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat di desa Jenggawah.” ungkap Supardi.(*)

Tombol Google News

Tags:

GenBI Jember Generasi Baru Indonesia Peduli lingkungan pembinaan desa mengolah limbah organik pupuk kompos Jenggawah