Hanafi Jabat Rektor Unmuh Jember Dua Periode, Prioritaskan Realisasi Pembangunan Kampus

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Naufal Ardiansyah

2 Desember 2023 03:43 2 Des 2023 03:43

Thumbnail Hanafi Jabat Rektor Unmuh Jember Dua Periode, Prioritaskan Realisasi Pembangunan Kampus Watermark Ketik
Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember Masa Jabatan 2023-2027, Dr. Hanafi M.Pd (1/12/2023) (Foto: Humas Unmuh Jember)

KETIK, JEMBER – Dr. Hanafi M.Pd resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember Masa Jabatan 2023-2027 pada Jumat (1/12/2023) di Aula Gedung Ahmad Zainuri. 

Ini merupakan kali kedua Dr. Hanafi menjabat sebagai rektor Unmuh dan mengalahkan empat bakal calon rektor lainnya 

Rektor Unmuh Jember 2023-2027, Dr. Hanafi dilantik langsung oleh Wakil Ketua II Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof. H. Achmad Jainuri, Ph.D. dan disaksikan oleh Dr. H. M. Sa’ad Ibrahim, M.A selaku Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 

Setelah pelantikan, Dr. Hanafi, M.Pd menyampaikan pidatonya yang mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan seluruh jajaran Muhammadiyah dalam memberi amanah kedua kalinya sebagai Rektor Unmuh Jember.

Dirinya memaparkan kinerjanya selama menjabat rektor periode 2019-2023 yang menyangkut keberhasilan membawa pembangunan Unmuh yang lebih baik.

Seperti pembangunan Rumah Sakit Umum Unmuh Jember, pembangunan SPBU Unmuh Jember yang bekerja sama dengan PDM Situbondo, dan raihan titel 10 besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah & Aisyiyah (PTMA) Terbaik Se-Indonesia Tahun 2022.

"Setiap pelantikan rektor baru itu ada kontrak kinerja yang akan dijalankan ke depannya," urainya.

Beberapa target disampaikan meliputi akreditasi kampus yang diestimasi meraih predikat unggul oleh BAN-PT, kenaikan jumlah target mahasiswa baru. 

Paling krusial adalah realisasi amanah dari Majelis Diktilitbang merger antara Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah (ITBM) Banyuwangi dengan Unmuh Jember terkait rencana Pembangunan Kampus Kedua Unmuh Jember di Banyuwangi. Serta tak luput juga dengan Pembangunan Rusunawa.

Pembangunan-pembangunan itu diharapkan dapat membawa Unmuh Jember mencapai World Class University.

"World Class University mempunyai alur yang harus dijalani. Kami harus meningkatkan hal syarat di bidang program studi (prodi) terlebih dahulu. Berikutnya ke tingkat universitas dengan akreditasinya internasional," ujarnya usai pelantikan.

Jika sudah tercapai, lanjutnya, otomatis target menjadi World Class University. Juga harus banyak menjalani hubungan serta relasi, baik itu nasional atau internasional.

“Universitas Muhammadiyah Jember akan menjalankan apa yang dicanangkan oleh pemerintah, baik dari pemerintah maupun jalur Muhammadiyah” tutupnya.

Sementara Kepala Biro Umum LLDIKTI Wilayah 7 Jawa Timur, dr. Ivan Rovian, M.Kp., memberikan apresiasi dan pernyataan dukungan sekaligus harapan kepada Rektor Unmuh Jember dalam mengemban tugasnya pada masa jabatan 2023-2027.

“Secara personalitas, Pak Hanafi sudah teruji diimbangi dengan prestasi seorang pemimpin yang telah dibuktikan oleh perkembangan Unmuh Jember," ulasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Unmuh Jember Universitas Muhammadiyah Jember Dr. Hanafi M.Pd dua periode Rektor Pelantikan rektor prioritas pembangunan